Kompas.com - 29/12/2014, 15:21 WIB
Seorang pemandu wisata menjemput wisatawan di terminal kedatangan internasional Bandara Ngurah Rai, Bali, Rabu (12/3/2014). Kunjungan wisatawan ke Bali masih terpantau ramai menjelang Hari Raya Nyepi. TRIBUN BALI/ANDRIANSYAHSeorang pemandu wisata menjemput wisatawan di terminal kedatangan internasional Bandara Ngurah Rai, Bali, Rabu (12/3/2014). Kunjungan wisatawan ke Bali masih terpantau ramai menjelang Hari Raya Nyepi.
|
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Pemerintah Timor Leste mulai tertarik menjajaki kerja sama bidang pariwisata dan tenaga kerja dengan Pemerintahan Provinsi Bali. Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyambut baik rencana kerja sama ini.

"Saya menyambut baik penjajakan ini. Orang Bali banyak yang memiliki ikatan psikologis dengan Timor Leste, oleh karenanya kita harus saling membantu. Timor Leste memiliki potensi yang tinggi dalam bidang parwisata, namun membutuhkan suatu sentuhan yang paham akan pariwisata untuk melengkapi itu semua," kata Pastika saat menerima kunjungan  Menteri Muda Tenaga Kerja Republik Demokrasi Timor Leste, Ilidio Ximenes da Costa, di Denpasar, Bali, Senin (29/12/2014).

Ilidio Ximenes da Costa di ruang kerjanya, menyampaikan,  dipilihnya Bali sebagai tempat untuk belajar dan bekerja sama adalah atas saran dari Perdana Menteri RDTL Xanana Gusmao, mengingat Bali dianggap sudah sangat berpengalaman dalam mengembangkan bidang kepariwisataan dan ketenagakerjaan.

"Timor Leste memiliki SDM yang memadai, namun masih kurang dalam pemanfaatannya. Oleh karenanya kami berharap dapat berlatih di Bali, untuk kemudian dapat menerapkan ilmunya untuk kemajuan di negara kami," kata Ilidio Ximenes.

TRIBUN/TAUFAN WIJAYA Pertunjukan tari kecak di Uluwatu, Bali, Kamis (6/6/2013). Tari kecak yang dimainkan tiap hari di pura ini bisa menyedot hampir seribu penonton.
Dalam kesempatan ini, Pastika berjanji akan menurunkan kepala SKPD terkait seperti Dinas Pariwisata dan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bali agar dapat berkoordinasi lebih lanjut dengan tim dari Timor Leste.

Pastika juga menyampaikan bahwa dirinya mungkin akan memimpin delegasi pertama dari Provinsi Bali berkunjung ke Timor Leste, untuk meninjau peluang kerja sama yang dapat dilakukan.

Pastika menyampaikan bahwa Bali memiliki organisasi Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Provinsi Bali untuk menindaklanjuti kerja sama ini. Bali juga memiliki balai latihan kerja, hotel untuk magang dan fasilitas lainnya yang dapat disiapkan untuk mendukung pelaksanaan kerja sama ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.