Kompas.com - 30/12/2014, 13:48 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
MAGELANG, KOMPAS.com - Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menyambut pergantian Tahun Baru 2015 yang tinggal menghitung hari ini. Salah satunya, dilakukan oleh puluhan perempuan di sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Mereka menggelar lomba melukis tampah, sebuah peralatan rumah tangga berbentuk lingkaran yang terbuat dari anyaman bambu.

Menurut Budi, staf Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kecamatan Borobudur, kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan bakat serta ekspresi seni para perempuan yang tinggal di desa-desa sekitar Candi Borobudur serta memperingati Hari Ibu 2014 dan Tahun Baru 2015. "Ada sekitar 50 peserta yang ikut lomba ini. Mereka dibebaskan untuk membuat lukisan dengan tema tema apa pun dengan media tampah," jelas Budi, Minggu (28/12/2014).

Budi menjelaskan, para peserta berasal dari berbagai latar belakang. Seperti, ibu rumah tangga, pedagang cenderamata di Taman Wisata Candi Borobudur, guru pendidikan anak usia dini, bidan, dan mahasiswi. "Melukis itu bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak harus seniman," kata Budi.

Hasil karya para perempuan itu pun tidak kalah menarik dari karya seorang seniman atau pelukis. Seorang pelukis berasal dari Denpasar, Bali, I Made Arya Dwita Dedok, bahkan memuji karya para perempuan tersebut dan menyebutnya sebagai karya orisinal. Sebab, hasil lukisan mereka terinspirasi dari pengetahuan dan kehidupan sehari-hari. Antara lain berupa pemandangan alam, gunung, dan pertanian, ikan, angsa, mobil, boneka, taman, lautan dan stupa. "Hasilnya sangat orisinal, sesuai dengan kehidupan sehar-hari mereka," katanya.

Para juara mendapat trofi dan "doorprize", sedangkan juri lomba adalah Mami Kato dan Grace Tjondronimpuno. Juara pertama Sri Setyaningsih (lukisan pemandangan Borobudur), kedua Dwi Rafika A (jerapah dan pepohonan), Siti Nurhidayah (ikan), juara harapan pertama Utami (pemandangan desa), kedua Yuni Dwi Kurnia (angsa), dan ketiga Latifah (ayam dan induknya).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.