Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

550.000 Wisatawan Kunjungi Bromo-Semeru

Kompas.com - 03/01/2015, 11:48 WIB
LUMAJANG, KOMPAS.com - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mencatat sebanyak 550.000 wisatawan domestik dan mancanegara mengunjungi obyek wisata Gunung Bromo dan Gunung Semeru selama 2014.

"Dari 550.000 wisatawan tersebut, sebanyak 25.000 di antaranya adalah wisatawan mancanegara sisanya merupakan wisatawan domestik," kata Kepala Balai Besar TNBTS Ayu Dewi Utari saat dihubungi dari Lumajang, Jumat (2/1/2015).

Menurut dia, naiknya harga tiket masuk di Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 meter dari permukaan laut (mdpl) dan Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl tidak berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan.

"Jumlah pengunjung 2013 sebanyak 576.000 orang dan penurunan jumlah pengunjung tersebut tidak terlalu signifikan dibandingkan 2014," tuturnya.

Ia menjelaskan kunjungan selama libur Natal dan Tahun Baru meningkat tajam karena bertepatan dengan libur sekolah, bahkan tercatat lebih dari 10.000 pengunjung yang datang di Kawah Bromo dan lebih dari 500 orang di Gunung Semeru.

"Jumlah wisatawan di Bromo pada hari libur biasanya berkisar 1.000 hingga 5.000 orang setiap hari, namun pada saat liburan akhir tahun bisa mencapai 10.000 orang per hari," paparnya.

Ayu mengatakan jumlah wisatawan di Gunung Bromo lebih banyak dibandingkan ke Semeru karena pendakian di gunung tertinggi Pulau Jawa itu memerlukan fisik yang prima dibandingkan Bromo.

KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Tim Ekspedisi Cincin Api Kompas merambat menyeberangi aliran lahar di lereng Gunung Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, untuk mencari keberadaan arca kembar (Arcopodo), Kamis (17/11/2011). Tim berhasil menemukan Arcopodo, yang telah dikabarkan hilang. Letak Arcopodo bukan di Pos Arcopodo di jalur pendakian. KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT
"Saya imbau wisatawan yang berkunjung ke Bromo dan Semeru ikut menjaga ekosistem kawasan, sehingga tidak membuang sampah sembarangan yang dapat berdampak pada kerusakan ekosistem," katanya.

TNBTS telah meyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk memecah konsentrasi wisatawan di wilayah Penanjakan Gunung Bromo, agar para pengunjung bisa nyaman menikmati eksotisnya kawah Bromo.

"Bila kondisi di atas Gunung Bromo sudah penuh, maka wisatawan diperbolehkan hanya mendaki hingga Bukit Setia dengan jumlah wisatawan dibatasi sebanyak 2.000-2.500 orang," paparnya.

Ketika Bukit Setia penuh, wisatawan hanya diperbolehkan ke Bukit Cinta yang bisa menampung sekitar 1.000-1.500 orang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com