Kompas.com - 03/01/2015, 17:09 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
PANGKALAN Bunternyata memiliki sisi manis. Benar-benar "manis", karena itulah julukan ibu kota kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah itu. Kata "Manis" merupakan singkatan dari "Minat, Aman, Nikmat, Indah, dan Segar". Julukan ini cocok dengan keindahan dan kekayaan wisata di Pangkalan Bun yang menarik minat dan membuat nikmat. Apa saja yang khas di Pangkalan Bun?
 
Istana Kuning

Istana Kuning merupakan cagar budaya, berupa istana peninggalan Kerajaan Kutaringin. Istana ini berlokasi di tengah kota Pangkalan Bun, tepatnya daerah Radja. Situs bersejarah ini memungkinkan wisatawan bisa menelisik jauh isi tempat ini sekaligus berdialog langsung dengan pengelola.

Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP)

Ingin bertemu dengan orangutan? Yuk, main ke Taman Nasional Tanjung Puting. Kawasan ini berlokasi di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten Seruyan. TNTP ditetapkan menjadi cagar alam sejak 1936 oleh Belanda, demi melestarikan habitat orangutan Kalimantan dan Bekantan.

Di sini, Anda bisa menyaksikan banyak spesies primata serta lokasi penelitian primata yang terkenal di seantero dunia. Alhasil, TNTP menjadi obyek wisata yang khas di Pangkalan Bun. Belakangan, TNPT merupakan wisata andalan. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dalam setengah tahun saja bisa mencapai lima ribu orang, menurut data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kobar.

Coto Manggala

Coto Manggala! Itu dia kuliner yang khas di Pangkalan Bun. Sebenarnya, rasa Coto Manggala mirip dengan soto lain yang bisa Anda temui di Jawa. Faktor spesialnya adalah manggala atau singkong yang porsinya lebih banyak di makanan ini. Kalau Anda mencari cemilan, mungkin bisa mecoba kemplang atau kerupuk ikannya.

Batu Kecubung

Ini oleh-oleh khas Pangkalan Bun; batu kecubung. Batu yang disebut ametis ini termasuk jenis batuan mineral kuarsa, yang biasanya berwarna ungu atau merah muda. Menurut sejarah, ungu adalah warna kesukaan raja, ratu, dan anggota keluarga kerajaan lain. Maka, mereka biasanya mempunyai berlian yang terbuat dari batu kecubung. Batu ini dipercaya mempunyai banyak manfaat. Secara besar, manfaatnya adalah; pesona, keberuntungan, kharisma dan wibawa, kesehatan, spiritualitas, keselamatan, proteksi gaib.

Gosong Senggora

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.