Kompas.com - 05/01/2015, 11:42 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

CIREBON, KOMPAS.com - Sebagai kota yang dikenal kaya akan destinasi wisata berbasis sejarah dan religi, Cirebon berpotensi menjadi kota wisata yang dapat dengan mudah mendatangkan wisatawan. Sayangnya, wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut masih dianggap terlalu sedikit.

"Salah satu kelebihan dari Cirebon ialah terawatnya warisan-warisan budaya," ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya yang ditemui seusai menghadiri acara Gerebeg Muludan di Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (3/1/15) malam.

Kelebihan tersebut seharusnya dapat menjadi nilai tambah bagi Kota Udang ini untuk mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan. "Saat ini, wisatawan yang berkunjung ke Cirebon berjumlah 500.000 untuk wisatawan nusantara dan 20.000 untuk wisatawan mancanegara.  Padahal melihat potensi wisata yang ada, seharusnya Cirebon mampu mendatangkan lebih banyak lagi," katanya.

Menurut Arief, pada dasarnya sebagai sebuah kota wisata, Cirebon memiliki cukup alasan untuk didatangi wisatawan.  Bahkan, Cirebon dapat menjadikan bidang pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mensejahterakan masyarakat karena pada dasarnya sektor ini merupakan sektor potensial untuk meningkatkan ekonomi di suatu wilayah.

"Pengaruh orang untuk datang berwisata ke suatu wilayah terdiri dari dua hal yaitu kreasi dan rekreasi. Untuk kreasi, Cirebon memiliki tiga pengaruh teratas secara lengkap yaitu kuliner, fashion dan hasil kerajinan," ujarnya.

KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Kereta Singabarong di Keraton Kasepuhan, Cirebon

Kemudian, Arief menjelaskan lebih lanjut bahwa alasan-alasan ini diharapkan dapat dieksplorasi lebih jauh agar dapat dijadikan magnet penarik wisatawan. Jalan lainnya yaitu dengan meningkatkan promosi pariwisata maka mendatangkan wisatawan bukanlah hal yang sulit lagi. Apalagi ke depannya akan ada gelaran budaya yang rutin diselenggarakan di sana, seperti Gebyar Budaya

"Apa saja ada di Cirebon. Di kuliner, Cirebon punya empal gentong, tahu gejrot dan nasi jamblang. Di bidang fashion, Cirebon punya batik khas. Belum lagi hasil kerajinan ekonomi kreatifnya. Saran saya target kunjungan wisatawan tahun depan dapat ditingkatkan menjadi satu juta untuk wisatawan nusantara dan 100 ribu untuk wisatawan mancanegara," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.