Kompas.com - 07/01/2015, 12:07 WIB
Menu khas Cirebon di Griya Kula, Rawamangun. KONTAN/Carolus Agus WaluyoMenu khas Cirebon di Griya Kula, Rawamangun.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com — Bakso Mang Ita, Bubur Sop Ayam Mang Kapi, Nasi Jamblang Mang Dul, Ayam Bahagia Yu Konah, dan Es Kopyor 4848 adalah kedai-kedai paling laris di Cirebon yang menawarkan kuliner-kuliner khas Kota Udang.

Namun, mereka yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh ke Cirebon dan mendatangi satu per satu kedai itu untuk mencicipi kelezatan rasa masakannya.

Kok bisa? Ya, Anda cukup datang ke Griya Kula yang terletak di Kompleks Kolam Renang Bojana Tirta Jalan Bojana Tirta Raya 17C Rawamangun, Jakarta Timur, samping kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Heru Hendriyarto, sang pemilik kedai, mengumpulkan berbagai makanan asli Cirebon dari kedai-kedai favorit di kota itu. "Lebih dari sebelas macam kuliner Cirebon," kata Heru.

Kedai ini berpenampilan sederhana dengan kanopi berwarna hijau. Beberapa kursi dan meja bundar ditata di area kanopi untuk pengunjung yang memilih duduk di luar kedai. Sementara itu, di dalam kedai terdapat meja dan bangku yang cukup untuk 30 orang. Di samping kedai terdapat beberapa rombong alias gerobak.

Uniknya, nasi jamblang berikut lauk racikan Mang Dul didatangkan langsung dari Cirebon setiap hari menggunakan kereta ekspres. "Kami biasanya datangkan dengan kereta pagi dan siang," ujar Heru.

Makanya, tak aneh bila nasi campur khas Cirebon ini dibungkus kecil-kecil memakai daun jati seperti yang ada di kota asalnya. Daun jati memang dikenal membuat masakan awet dan berbau lebih harum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, sayang kalau Anda melewatkan nasi jamblang buatan Mang Dul yang sangat terkenal di Cirebon.

Sebagai teman menyantap nasi jamblang, Anda tinggal memilih lauk suka-suka. Komplet. Mulai tahu, perkedel, telur, kerang, sampai cumi. Jangan lupa menambahkan sambal merah yang ditumis dengan minyak goreng, ya. Tenang, rasanya tidak terlalu pedas.

Yang juga layak Anda coba adalah Mi Koclok. Begitu Anda memesannya, pegawai kedai akan merebus mi kuning bersama taoge dan kubis ke dalam air mendidih. Setelah matang, mi ditaruh di atas piring yang sudah dilapisi daun pisang, dan sebagai topping, ada daging ayam suwir serta irisan telur rebus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Kontan
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.