Kompas.com - 09/01/2015, 19:22 WIB
EditorI Made Asdhiana
MENJELANG penutupan tahun 2014 lalu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (41) sibuk menyiapkan strategi pengembangan pariwisata di daerah ujung timur Pulau Jawa itu. Tidak hanya festival dan perbaikan destinasi wisata yang dikebut, tetapi juga cara baru untuk bisa ”mencegat” pelancong yang hendak berwisata ke Bali lewat Banyuwangi.

Tiap akhir tahun, kata Anas, ratusan ribu kendaraan dan jutaan orang yang menyeberang ke ”Pulau Dewata” akan ”digoda” agar mampir ke salah satu obyek wisata di Banyuwangi, yakni Pantai Watudodol yang berjarak sekitar 2 kilometer dari Pelabuhan Ketapang.

”Jarak Pantai Watudodol ke penyeberangan, kan, sangat dekat. Ya, mampirlah, foto-foto dulu, lalu menyeberang ke Bali,” kata Anas mempromosikan Pantai Watudodol yang layak menjadi latar belakang foto.

Anas pun mengalkulasi, betapa besar perputaran uang yang akan terjadi meskipun turis sekadar mampir atau mengambil jeda sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan utama, Bali.

”Taruhlah uang saku pelancong yang hendak ke Bali Rp 2 juta per orang. Kami akan bikin strategi biar mereka belanja di Banyuwangi Rp 300.000-500.000 saja. Kan, tinggal mengalikan berapa orang yang singgah,” ucap Anas.

Untuk menarik pelancong membelanjakan uangnya, ia merangkul pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, baik kerajinan maupun makanan.

Anas ingin Banyuwangi tidak sekadar dilewati, tetapi juga disinggahi karena pesonanya. (ETA)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.