Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abdullah Azwar Anas: Jangan Sekadar Dilewati

Kompas.com - 09/01/2015, 19:22 WIB
MENJELANG penutupan tahun 2014 lalu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (41) sibuk menyiapkan strategi pengembangan pariwisata di daerah ujung timur Pulau Jawa itu. Tidak hanya festival dan perbaikan destinasi wisata yang dikebut, tetapi juga cara baru untuk bisa ”mencegat” pelancong yang hendak berwisata ke Bali lewat Banyuwangi.

Tiap akhir tahun, kata Anas, ratusan ribu kendaraan dan jutaan orang yang menyeberang ke ”Pulau Dewata” akan ”digoda” agar mampir ke salah satu obyek wisata di Banyuwangi, yakni Pantai Watudodol yang berjarak sekitar 2 kilometer dari Pelabuhan Ketapang.

”Jarak Pantai Watudodol ke penyeberangan, kan, sangat dekat. Ya, mampirlah, foto-foto dulu, lalu menyeberang ke Bali,” kata Anas mempromosikan Pantai Watudodol yang layak menjadi latar belakang foto.

Anas pun mengalkulasi, betapa besar perputaran uang yang akan terjadi meskipun turis sekadar mampir atau mengambil jeda sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan utama, Bali.

”Taruhlah uang saku pelancong yang hendak ke Bali Rp 2 juta per orang. Kami akan bikin strategi biar mereka belanja di Banyuwangi Rp 300.000-500.000 saja. Kan, tinggal mengalikan berapa orang yang singgah,” ucap Anas.

Untuk menarik pelancong membelanjakan uangnya, ia merangkul pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, baik kerajinan maupun makanan.

Anas ingin Banyuwangi tidak sekadar dilewati, tetapi juga disinggahi karena pesonanya. (ETA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com