Kompas.com - 10/01/2015, 11:09 WIB
EditorI Made Asdhiana
KENDARI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi Sulawesi Tenggara, tetap fokus pada sektor pariwisata dan perikanan dalam program pembangunan 2015. "Kami tetap fokus pada sektor pariwisata dan perikanan karena kedua sektor itu potensinya cukup besar di Wakatobi," kata Bupati Wakatobi, Hugua di Kendari, Jumat (9/1/2015).

Menurut dia, dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata di Wakatobi, pihaknya telah merampungkan penyediaan beberapa sarana, antara lain terminal di Bandara Matahora, Dermaga Marina (pelabuhan khusus kapal pesiar) dan dermaga di Pelabuhan Panggulubelo sehingga bisa disandari kapal-kapal milik PT Pelni.

Selain itu, kata dia, Pemkab Wakatobi juga mendorong para pengusaha lokal, nasional maupun internasional, membangun hotel dan restoran yang representatif di Wakatobi. "Saat ini, sudah ada dua perusahaan perhotelan internasional yang sedang membangun hotel bintang lima di Wakatobi," katanya.

Sebagai bupati, Hugua menargetkan kunjungan wisatawan ke kabupaten itu tahun 2015 sebanyak 17.000 orang. Penetapan target tersebut karena melihat tren jumlah wisatawan yang ke Wakatobi terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Awal Bandara Matahora beroperasi melayani penerbangan Wakatobi-Kendari tahun 2009, jumlah kunjungan wisata di Wakatobi hanya kurang lebih 1.500 orang," katanya.

Tahun 2014 jumlah kunjungan wisatawan ke Wakatobi diperkirakan sudah mencapai 15.000 orang. "Dengan berbagai upaya promosi yang kita lakukan, kita optimistis bisa mencapai target kunjungan wisata sebanyak 17.000 orang itu," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.