Kompas.com - 12/01/2015, 17:04 WIB
Harbin International Ice and Snow Festival ShutterstockHarbin International Ice and Snow Festival
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Sebuah festival patung es dan salju atau dikenal dengan nama Harbin International Ice and Snow Festival kembali digelar. Festival ini terkenal dengan patung berukiran yang rumit serta berukuran besar. Sebagian besar patung merupakan replika dari ikon-ikon global.

Menurut penyelenggara festival seperti dikutip dari CNN Travel, area festival ini mencakup luas 750 ribu meter persegi. Area ini juga dibagi dalam beberapa zona tema. Sebagian besar pahatan terinspirasi dari dongeng-dongeng Tiongkok dan bangunan terkenal seperti Tembok Besar Tiongkok, Piramida Mesir, dan Gereja Islandia Hallgrimskirkja.

Semua ini lebih baik dilihat di malam hari ketika patung-patung menyala karena diberi penerangan dari dalam. Hal ini memberikan seluruh area sebuah nuansa di negeri antah berantah ibarat di dalam cerita dongeng.

Harbin merupakan ibu kota dari provinsi Heilongjiang yang berada di timur laut daratan Tiongkok. Kota ini memiliki suhu dingin yang mengigit, bahkan di bulan Januari siang hari pun suhu bisa mencapai minus 13-23 celcius.

Karena Harbin dekat dengan Rusia, Harbin mendapatkan pengaruh Rusia dalam hal arsitektur hingga ke makanan. Sejak tahuk 1985, festival ini telah tumbuh menjadi salah satu festival salju terbesar di dunia, bergabung dengan Festival Salju Sapporo di Jepang, Karnaval Musim Dingin Quebec di Kanada, dan Festival Ski Holmenkollen di Norwegia.

Tergantung pada kondisi cuaca, festival ini biasanya berlangsung hingga Maret. Sebuah kembang api besar yang awalnya direncanakan untuk memulai festival ini pada Januari 5, terpaksa dibatalkan oleh pejabat setempat. Hal ini dilakukan karena masalah keamanan setelah insiden kecelakaan mematikan saat tahun baru di Shanghai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN Travel
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.