Penghapusan Tiket Murah Tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Bali

Kompas.com - 14/01/2015, 13:24 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Kebijakan penghapusan harga tiket murah terhadap penerbangan di Indonesia oleh Kementerian Perhubungan tidak berpengaruh lama terhadap kunjungan wisatawan ke Bali. Penilaian ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta.

“Penghapusan tiket murah pesawat oleh Kementerian Perhubungan ya tentu sedikit tidaknya pasti akan terjadi pengaruh terhadap pariwisata kita. Tapi, saya kira tidak terlalu lama, karena kebutuhan wisata atau kegiatan lain ke Bali sangat tinggi,” kata Ketut Sudikerta, Denpasar, Bali, Rabu (14/1/2015).

Sudikerta juga menyampaikan bahwa Bali masih menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan dalam negeri. Apalagi ditunjang dengan sistuasi yang aman dan kondusif mampu menyajikan keamanan bagi siapa pun yang berkunjung atau terhadap kegiatan apa pun yang diselenggarakan di Bali. Bali mampu menjaga kestabilan sektor pariwisata yang selama ini menjadi penopang sektor ekonomi.

“Oleh karena itu (penghapusan tiket murah) tak berdampak signifikan. Bali sampai saat ini cukup aman, wisatawan merasa nyaman dan Bali kondusif,” tegasnya.

Pada awal tahun 2015, BPS Provinsi Bali merilis data perkembangan transportasi udara dan laut pada bulan November 2014. Angkutan udara internasional 2.061 unit penerbangan, mengalami penurunan 5,98 persen dari 2.192 unit penerbangan. Untuk domestik 3.186 penerbangan dan turun 1,67 persen dari 3.240 penerbangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.