Kompas.com - 15/01/2015, 08:34 WIB
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan kunjungan wisatawan mancanegara dari Tiongkok akhir-akhir ini meningkat pesat, sehingga posisinya kini berada di urutan keempat teratas setelah Singapura, Malaysia dan Australia.

"Karena itu ke depannya negara Tiongkok merupakan pasar utama pariwisata Indonesia," kata Arief pada acara peresmian penerbangan PT Garuda Indonesia rute Denpasar-Beijing pergi pulang di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Selasa (13/1/2015).

Pada acara peresmian tersebut dihadiri Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, dan Direktur Utama PT Garuda Indonesia M Arif Wibowo serta undangan lainnya.

Menpar menjelaskan posisi Januari hingga November 2014 jumlah kunjungan wisatawan Tiongkok ke Indonesia sebanyak 883.725 orang, yang menempati urutan keempat setelah wisman Singapura sebanyak 1,32 juta, Malaysia (1,12 wisman) dan Australia (996.032 wisman).

"Kami optimistis pada akhir tahun 2015 kunjungan wisatawan dari Tiongkok terealisasi dua juta orang," katanya.

Menurut Menpar, selama dua hari kunjungan kerja di Tiongkok sejak 11-13 Januari 2015, dirinya telah berbicara dengan pejabat pariwisata Tiongkok (China National Tourism Administration/CNTA).

Dalam nota kesepahaman (MoU) tersebut antara lain kedua negara bertekad ingin meningkatkan kunjungan wisatawan timbal balik hingga dua juta wisatawan pada akhir 2015.

Arief mengatakan secara makro kondisi pariwisata Indonesia pada 2014 cukup baik, untuk itu Kementerian Pariwisata menetapkan target lebih tinggi pada tahun 2015, yakni jumlah kunjungan wisman 10 juta atau tumbuh tujuh persen hingga delapan persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.