Kompas.com - 23/01/2015, 09:36 WIB
Mencuci sambil ngopi di Foam Coffee and Coin Laundry yang beralamat di Merdeka Lodge, Jl. Merdeka IV no. 17, Renon, Denpasar, Bali. KOMPAS.COM/OKY HARTANTOMencuci sambil ngopi di Foam Coffee and Coin Laundry yang beralamat di Merdeka Lodge, Jl. Merdeka IV no. 17, Renon, Denpasar, Bali.
Penulis Oky Hartanto
|
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Mencuci di gerai cuci koin otomatis hampir jarang ditemukan di Bali, apalagi digabung dengan kedai kopi mungil, sudah pasti tidak akan Anda dapatkan. Namun perpaduan coffee shop and coin laundry, sungguh menjamur di belahan Amerika Serikat.

Berbekal pengalamannya di Negeri Paman Sam itulah, Archie Satya Nugraha seorang fotografer senior Indonesia, menemukan ide untuk membuka kedai kopi sekaligus tempat mencuci swalayan di Bali. Walaupun tidak berada di pinggir jalan besar, Foam Coffee and Coin Laundry yang beralamat di Merdeka Lodge, Jl. Merdeka IV no. 17, Renon, Denpasar, ini memiliki pelanggan tetap tidak hanya di kawasan Renon namun merambah hingga Canggu.

KOMPAS.COM/OKY HARTANTO Hot Chocolate Marshmallow di Foam Coffee and Coin Laundry yang beralamat di Merdeka Lodge, Jl. Merdeka IV no. 17, Renon, Denpasar, Bali.
Oriana Titisari, Café Manager Foam mengatakan, “Di Foam setiap orang mendapatkan tempat mencuci secara swalayan dengan harga terjangkau sekaligus ngopi sambil menunggu cucian kering. Harga kopinya pun cukup murah.”

Dengan harga mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 27.000, Anda dapat menikmati beragam racikan kopi yang diambil dari biji kopi hasil dari Viella Bandung dan Illy Italia, mulai dari Espresso, Americano hingga Café Latte, Machiatto bahkan Vietnam Coffee Drip.

Interior Foam Coffee and Coin Laundry dibuat sederhana dengan memadukan furnitur berbahan metal dengan dinding berwarna putih bersih. Barista meramu kopi pesanan Anda di sudut kiri sebelah dalam sementara mesin cuci koin terletak di pintu masuk Foam.

KOMPAS.COM/OKY HARTANTO Green Tea Milk Crepes di Foam Coffee and Coin Laundry yang beralamat di Merdeka Lodge, Jl. Merdeka IV no. 17, Renon, Denpasar, Bali.
Meja besar yang terbuat dari bekas cable roll mengisi bagian tengah kafe yang tidak terlalu besar ini. Sementara di pinggir jendela dipasang meja yang terbuat dari besi dan dipermanis dengan kursi gantung yang terbuat dari bekas  kotak minuman berwarna merah.

Tidak hanya kopi, Foam juga menyajikan home-made cake dengan rasa yang cukup mengundang selera. Decadane Dark Choco dan Green Tea Milk Crepes menjadi pilihan yang pas saat Anda menunggu cucian Anda selesai. Bagi penyuka es krim, bersyukurlah karena Foam sangat mengerti kebutuhan akan gelato atau es krim khas Italia dengan menghadirkan beragam rasa dari Lello Lello dan Italo Gelato.

KOMPAS.COM/OKY HARTANTO Foam Coffee and Coin Laundry di Merdeka Lodge, Jl. Merdeka IV no. 17, Renon, Denpasar, Bali.
Namun jika Anda hanya bermaksud mencuci pakaian kotor, hanya dengan Rp 20.000 per koin, Anda akan mendapatkan hasil cucian yang memuaskan.

Nah, sambil menunggu cucian Anda selesai, jangan salahkan barista Foam jika Anda tergoda untuk mencoba segelas kopi di sini. “Wangi kopi cukup menggoda kebanyakan pelanggan yang awalnya hanya ingin mencuci. Apalagi jam buka Foam dari pukul 8 pagi hingga 9 malam, membuat mereka lebih mudah menyesuaikan dengan jam kerja mereka,” tambah perempuan yang pernah menjadi wartawan majalah tata busana Ibu Kota ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.