Kompas.com - 23/01/2015, 14:17 WIB
EditorI Made Asdhiana
BANDUNG, KOMPAS.com - Sultan Sepuh XIV Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat mengatakan Cirebon akan menjadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara yang akan digelar pada 2017.

"Hari ini kita lapor ke gubernur apa yang sudah dilaksanakan di Cirebon dan juga memohon pandangan serta masukan ke depannya apalagi di 2017 Cirebon jadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara," kata Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, di Gedung Sate Bandung, Rabu (21/1/2015).

Pada acara Festival Keraton Nusantara 2017 tersebut, raja-raja se-Nusantara akan berkumpul di Cirebon.

Keraton Kasepuhan Cirebon, menurut Arief, adalah bagian yang tak terpisahkan dari budaya Jawa Barat dan penerus Kerajaan Galuh Sunda Padjadjaran yang muara sejarahnya ada di Cirebon.

Destinasi wisata

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan terus mendorong agar Keraton Kasepuhan Cirebon menjadi destinasi pariwisata sejarah andalan di Jawa Barat dan Indonesia. "Tentu kita semenjak awal bersama pemerintah pusat terus berkomitmen melestarikan keraton ini," katanya.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Warga melintas di depan Masjid Kasepuhan Cirebon, Rabu (6/7/2011). Masjid bersejarah ini dibangun seiring dengan didirikannya Keraton Kasepuhan Cirebon tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II yang merupakan cicit Sunan Gunung Jati.
Menurut Heryawan, salah satu komitmen untuk melestarikan keraton tersebut dengan membiayai di antaranya untuk operasional dan pelestarian keraton.

Selain itu, Pemprov Jabar juga memberikan pehatian khusus pada pelestarian masjid dan SMK Kesenian di Keraton Kasepuhan Cirebon.

"Termasuk ke depan melestarikan Masjid yang ada di sana, lebih terawat lagi, sekarang sudah baik, dipakai shalat dan shalat jumat. Di sana juga ada SMK Kesenian, juga kita lestarikan kita bina jadi sekolah maju," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.