Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saatnya ke Brasil, Ada Tur Gratis Rio de Janeiro

Kompas.com - 26/01/2015, 22:04 WIB
Rachmat Ogie Kurniawan

Penulis

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Dalam rangka ulang tahun Rio de Janeiro, Brasil, yang ke-450, pihak dinas pariwisata setempat menawarkan enam paket tur jalan kaki dengan pemandu wisata. Tur ini bisa dinikmati secara gratis dan mengajak peserta menjelajahi atraksi-atraksi kota tersebut.

Paket tur ini tersedia pada hari Selasa hingga Minggu dengan jarak beragam, mulai dari setiap dua hari sampai setiap lima hari sekali. Tur tersedia sampai 1 Maret 2015, awal dari perayaan ulang tahun Rio de Janeiro. Paket tur yang ditawarkan antara lain perjalanan ke ke Bukit Morro da Urca, Taman Nasional Tijuca, Air Terjun Horto, kawasan bersejarah Centro, area pelabuhan hingga gereja di Centro.

Morro dan Urca adalah bukit kecil yang berada di depan gunung Sugarloaf. Cukup melakukan pendakian ringan sekitar 30 menit menuju puncaknya. Dari sana, pemandangan indah ke arah pantai Guanabara, centro dan patung Kristus Penebus.

Tur ke Taman Nasional Tijuca berpusat di bagian Floresta da Tijuca, dan berlanjut ke beberapa air terjun yang menawarkan pemandian segar di tengah panasnya musim panas.

Tur ketiga yang berkonsep ekowisata menawarkan perjalanan ke air terjun yang tidak terlalu terkenal di Horto, yang berada di belakang Jardim Botanico. Di sana ada beberapa air terjun, sungai, dan kolam kecil alami. Untuk tiga tur ekowisata ini, peserta  harus menggunakan sepatu dan penggunaan sandal sangat dilarang.

Sedangkan untuk tur wisata kota diberi nama Portzone dan Afrika kecil. Di tur ini, peserta mengetahui bagaimana pengaruh budaya Afrika pada kebudayaan, kepercayaan, dan sosial masyarakat kota itu. Sedangkan tur "450 tahun Rio" adalah sebuah perjalanan menapak tilas sejarah Rio de Jeneiro. Sedangkan tur kebudayaan Rio, fokus pada geraja-gereja yang ada di daerah Centro.

Setiap tur wisata kota, bisa dilakukan oleh 30 peserta. Sedangkan untuk tur ekowisata hanya bisa dilakukan oleh 20 orang untuk masing-masing tur.Untuk bisa ikut dalam tur ini, formulir pendaftaran harus sudah dikirimkan paling lambat pukul 20.00 pada hari sebelumnya di situs resmi mereka. Tempat berkumpul dan waktu keberangkatan, biasanya pukul 10.00 yang diberitahukan di dalam situs perjalanan. Slot akhir pekan, terutama untuk ekowisata terisi dengan cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com