Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Ikan Kotak Berkulit Kepiting

Kompas.com - 28/01/2015, 20:32 WIB
PERNAHKAH Anda mendengar nama ikan Kudu-kudu? Ikan ini berasal dari perairan Sulawesi dengan ciri khas bentuk yang kotak dan kepala besar, serta bersisik heksagon. Selain itu, kulitnya keras sekali, seperti cangkang kepiting. Inilah pengalaman pertama saya bersama ikan Kudu-kudu saat bersantap di Cranky Crab.

“Ini ikan asli. Memang ikan Kudu-kudu bentuknya seperti ini, keras seperti cangkang kepiting,” kata sang pelayan.

Catur Guna Yuyun Ang Menu ikan Kudu-kudu
Mari kita coba dagingnya. Ternyata dagingnya mirip ayam negeri. Dan karena kali ini ikan Kudu-kudu digoreng tepung, rasanya seperti makan ayam popcorn. Dagingnya putih bersih. Berserat kuat namun tetap ada ciri khas ikannya, yaitu lembut dan tidak seret.

Tambahan yang memuaskan lagi adalah sambalnya yang tidak terlalu pedas. Lebih pada rasa asam manis yang memikat selera makan. Ini menu wajib coba di Cranky Crab yang terletak di Jalan Boulevard Raya QF 1 Nomor 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menu unik lainnya adalah Flying Beer. Sebetulnya ini adalah menu dari Cranky Bar. Namun karena masih satu pemilik dengan Cranky Crab, jadi bisa pesan. Tampilan Flying Beer ini mengingatkan saya pada penyajian kopi di warung-warung tradisional di Jawa Tengah, yaitu kopi disajikan dengan gelas terbalik lantas meminum dari tatakan gelas dengan posisi gelas tetap terbalik.

Kali ini versi modern, yaitu diselipkan sedotan. Flying beer ini ada tiga rasa yaitu Citrus Mojito yang berisi potongan jeruk nipis dan daun mint, Tropic Thunder berisi stroberi dan nanas, dan Green Fairy berisi buah kiwi.

Saya mencicipi Citrus Mojito. Wah ternyata enak. Saya bukan pecinta bir, bahkan tidak suka. Tetapi Flying Beer ini saya bisa meminumnya karena rasanya tidak terlalu seperti bir, melainkan menyegarkan dan rasa buahnya kentara. (Catur Guna Yuyun Ang)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com