Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN di Sulut Bersatu Bangun Desa Wisata

Kompas.com - 29/01/2015, 08:21 WIB
MANADO, KOMPAS.com - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sepakat membangun desa wisata guna mendorong pengembangan pariwisata daerah tersebut. "Desa wisata merupakan salah satu program BUMN dalam membantu pemerintah daerah di bidang kepariwisataan," kata Koordinator BUMN Sulut, Regional CEO BNI Manado, Hermita di Manado, Selasa (27/1/2015).

Hermita mengatakan sudah ada beberapa desa yang dibidik untuk dijadikan desa wisata, namun akan dimatangkan kemudian oleh semua pemimpin BUMN di daerah ini.

"Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan Sulut, karena itu BUMN peduli dengan membantu pengembangan desa wisata," kata Hermita.

Kekompakan BUMN di Sulut, menurut Hermita, bukan hanya diwujudkan dengan pertemuan setiap bulan, tetapi memprogramkan beberapa kegiatan yang pada intinya membantu pemerintah daerah.

"BUMN sudah melaksanakan kegiatan bersih-bersih Kota Manado, dan ini terus dilanjutkan, intinya menjadikan kota ini indah dan bersih, dengan demikian semakin menarik bagi wisatawan untuk datang ke daerah ini," kata Hermita.

Program lainnya yang akan dilakukan tahun ini, kata Hermita, yakni BUMN mengajar.

Direktur Utama Manado Post Grup, Suhendro Boromo, salah satu penggagas kemitraan BUMN dengan berbagai pihak di daerah, mengatakan BUMN Mengajar tujuannya selain memperkenalkan masing-masing BUMN kepada para pelajar, juga membantu pengembangan sumber daya manusia daerah.

"Pelajar perlu mengetahui berbagai hal tentang masing-masing BUMN, dan melalui program BUMN mengajar tersebut maka pemahaman mereka dapat tercipta sejak dini," kata Suhendro.

Dalam kegiatan BUMN mengajar, tambah Suhendro, BUMN juga dapat memanfaatkannya sebagai sarana pemasaran usaha kepada masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com