Kompas.com - 29/01/2015, 12:41 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Bali mewacanakan pola check-in hotel 24 jam. Selama ini, per hari dalam operasionalnya dihitung dari jam 12.00 hingga jam 12.00 esok harinya, apabila masuk hotel sebelum jam 12.00 akan dihitung masuk sejak kemarinnya.

“Kita coba menerapkan pola baru ini menyambut kedatangan wisatawan pada pagi hari. Beberapa penerbangan sudah memasukkan wisatawan pada pagi hari, contohnya dari Jepang. Kasihan, dari Jepang jauh-jauh tiba di Bali tidak bisa langsung masuk hotel untuk istirahat, nunggu jam 12.00,” kata Ketua PHRI Bali, Tjokorda Artha Ardana Sukawati, di Denpasar, Bali, Kamis (29/1/2015).

Laki-laki yang akrab disapa Cok Ace ini juga memaparkan, kondisi ini jika dibiarkan terus akan menjadi persoalan tersendiri bagi dunia pariwisata. Pelayanan yang terbaik bagi wisatawan sudah menjadi tujuan pelaku pariwisata. Jika nantinya penerbangan dari dometik dan beberapa negara ramai pada pagi hari, maka akan menjadi persoalan tersendiri yang secepatnya harus diatasi.

“Ini persoalan. Andaikan keramaian kedatangan nantinya pada pagi hari, kedatangan domestik dan internasional, diharapkan pihak hotel bisa membuka diri, dengan pola check in 24 jam pada jam kapan pun, tidak harus jam 12.00, yang penting hitungannya 24 jam per hari,” katanya.

Cok Ace menambahkan, saat ini sudah ada beberapa hotel yang menerapkan pola check in 24 jam, tapi hanya sedikit saja. Diharapkan pola check in 24 jam bisa diterapkan oleh semua hotel di Bali yang sudah mencapai sekitar 5.000 hotel dengan jumlah kamar sekitar 80.000 kamar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.