Kompas.com - 29/01/2015, 13:22 WIB
Wisatawan turun dari perahu motor yang mengantar mereka mengunjungi beberapa pulau di perairan dekat Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (18/12/2014). Hujan sejak pagi tidak menyurutkan sejumlah wisatawan mengunjungi pulau-pulau menawan di kawasan itu, seperti Pulau Lengkuas dan Kepayang. KOMPAS/AGUS MULYADIWisatawan turun dari perahu motor yang mengantar mereka mengunjungi beberapa pulau di perairan dekat Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (18/12/2014). Hujan sejak pagi tidak menyurutkan sejumlah wisatawan mengunjungi pulau-pulau menawan di kawasan itu, seperti Pulau Lengkuas dan Kepayang.
EditorI Made Asdhiana
PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) berencana menyediakan lima unit kapal wisata guna meningkatkan potensi wisata bahari di daerah itu.

"Pengadaan kapal wisata ini masih wacana dan mudah-mudahan terealisasi pada pertengahan tahun ini," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Belitung, KA Tajuddin di Pangkalpinang, Rabu (28/1/2015).

Ia menjelaskan kapal wisata ini akan menyinggahi antara Pulau Belitung dengan Pulau Bangka di daerah kawasan Selatan, sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan laut di daerah itu.

"Wisatawan dapat berwisata mancing, diving dan menikmati keindahan alam di pulau-pulau kecil di daerah selatan Bangka Belitung," ujarnya.

Pengadaan kapal wisata ini, menurut Tajuddin, akan berdampak baik terhadap perkembangan dan peningkatan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, karena alam laut yang dikelilingi pulau-pulau kecil memiliki keindahan eksotis untuk dinikmati wisatawan.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Suasana Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Belitung, Selasa (12/4/2011). Pulau Belitung terkenal dengan keindahan lokasi wisata pantai pasir putih berbatu granit artistik.
"Wisata mengelilingi pulau-pulau kecil, memancing, diving masih baru dan wisata ini akan terus dikembangkan, karena potensinya sangat besar untuk menjadikan daerah destinasi wisata di Indonesia," ujarnya.

Babel merupakan sebuah provinsi kepulauan yang terdiri dari dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta pulau-pulau kecil seperti Pulau Lepar, Pongok, Mendanau dan Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau.

"Mudah-mudahan dengan adanya pengembangan wisata bahari ini, menjadi nilai tambah bagi wisatawan untuk mengunjungi daerah berjulukan Laskar Pelangi ini," kata Tajuddin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.