Kompas.com - 30/01/2015, 12:09 WIB
EditorI Made Asdhiana
TERNATE, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, mengembangkan 10 pulau kecil menjadi pulau wisata dengan harapan bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kabupaten itu.

Kepala Disbudpar Halmahera Timur, Jaimandar ketika dihubungi dari Ternate, Jumat (30/1/2015), mengatakan dari 10 pulau kecil di daerah tersebut, yang kini mulai dikembangkan menjadi pulau wisata adalah Pulau Oto dan Pulau Tengah.

Pengembangan Pulau Oto dan Pulau Tengah menjadi pulau wisata difokuskan pada penyediaan infrastruktur penunjang, seperti tempat peristirahatan untuk memberi kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung ke kedua pulau itu.

Ia mengatakan, Pulau Oto dan Pulau Tengah menawarkan panorama pantai berupa pasir putih serta keindahan panorama bawah laut berupa aneka jenis terumbu karang dan ikan, sehingga sangat menarik bagi wisatawan yang menyukai wisata bahari.

Khusus di Pulau Oto juga menawarkan wisata alam berupa kawasan hutan lindung, yang di dalamnya terdapat berbagai jenis flora dan fauna khas Halmahera, termasuk aneka jenis burung paruh bengkok, seperti kaka tua putih dan nuri.

"Disbudpar Halmahera Timur selain melakukan pembangunan infrastruktur di kedua pulau tersebut, juga terus mempromosikannya kepada wisatawan, baik dalam maupun luar negeri, di antaranya melalui pameran wisata di berbagai kota di Indonesia," kata Jaimandar.

Promosi yang dilakukan tersebut mulai menunjukkan hasil, di antaranya ditandai dengan adanya sejumlah kapal pesiar dari mancanegara yang menjadikan Pulau Oto sebagai tempat persinggahan dalam pelayarannya mengunjungi berbagai daerah wisata di Indonesia.

Jaimandar menambahkan, untuk mencapai kedua pulau wisata tersebut cukup mudah yakni kalau menggunakan transportasi udara melalui Ternate, kemudian melanjutkan dengan penerbangan perintis ke Buli dan selanjutnya menggunakan speed boat ke kedua pulau wisata itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.