Kompas.com - 30/01/2015, 12:41 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com – Pis Bolong (uang logam berlubang) sejarahnya sebagai pelengkap upacara keagamaan umat Hindu. Perkembangannya, pis bolong dijadikan kerajinan berbagai bentuk unik, menarik dan artistik. Seperti yang diproduksi oleh Kamasan Bali.

“Banyak produknya, gantungan kunci, plakat, tempat tisu, lampu hias, patung , banyak lagi deh. Juga membuat pis bolong untuk Upakara Yadnya (upacara keagamaan umat Hindu yang mengandung unsur Panca Datu atau lima kekuatan hidup),” kata Komang Mahayana, Marketing Kamasan Bali, di Denpasar, Jumat (30/1/2015).

Mahayana menyampaikan, Kamasan Bali sudah banyak melahirkan karya seni yang banyak diminati wisatawan asing. Bahkan, produknya sudah mampu menembus pasar dunia. Kerajinan buatan Kamasan Bali berupa patung sudah diekspor ke Amerika dan Eropa, terbanyak di Asia. Wisatawan asing yang berkunjung ke Bali ada juga membeli langsung untuk dibawa pulang ke negaranya sebagai oleh-oleh.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Beberapa produk kerajinan pis bolong khas Bali seperti plakat, gantungan dan hiasan.
“Selain diekspor, wisatawan juga banyak yang membeli langsung saat mereka ke Bali. Kami juga menerima pesanan dari swasta dan pemerintah berupa suvenir dan plakat. Banyak macamnya,” katanya.

Harga dari kerajinan pis bolong cukup relatif. Mulai pernak-pernik dihargai mulai Rp 50 ribu. Untuk kerajinan lainnya dari Rp 100 ribu hingga  Rp 5 juta. Bahkan, Kamasan Bali sempat menjual patung dengan pis bolong yang dirangkai setinggi 4 meter dihargai Rp 150 juta.

“Harganya relatif tergantung jenis barangnya. Ada ratusan ribu, jutaan, bahkan saya pernah membuat patung dari pis bolong yang tingginya mencapai 4 meter, harganya Rp 150 juta," tambah Mahayana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.