Kompas.com - 30/01/2015, 15:02 WIB
Pantai Tanjung Tinggi di Belitung. KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.Pantai Tanjung Tinggi di Belitung.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
BANGKA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung akan memanfaatkan fenomena gerhana matahari total pada tahun 2016 menjadi agenda pariwisata. Sejumlah persiapan akan mulai dilakukan mulai tahun ini.

Menurut pengamatan Boscha Bandung Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi pada tanggal 9 maret 2016 melintasi 7 wilayah ProVinsi di Indonesia, antara lain Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung. Wilayah Bangka Belitung yang akan dilalui GMT adalah di wilayah Tanjung Pandan Belitung.

"Momentum GMT tahun 2016, diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama wisatawan mancanegara," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Tajuddin kepada Bangkapos.com, Kamis (29/1/2015).

Gerhana Matahari Total adalah peristiwa alam yang terjadi saat matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus. Akibat posisi itu akan tercipta wilayah di bumi yang benar-benar tak bisa melihat matahari dalam beberapa menit, wilayah itu dikatakan masuk dalam bayangan inti (Umbra).

Fenomena alam seperti itulah yang akan di alami wilayah Tanjung Pandan yang di lintasi Gerhana Matahari Total tanggal 9 maret 2016 mendatang, sekitar 2 menit akan menghadirkan suasana gelap disiang hari di negeri laskar pelangi itu.

"Peristiwa GMT ini diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pelaku wisata di Bangka Belitung untuk berjualan mendatangkan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara," kata Tajuddin. (Laporan Wartawan Bangka Pos, Teddy Malaka)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X