Kompas.com - 30/01/2015, 18:33 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
TANGERANG, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia, berencana mengembangkan rute-rute ke RRT. Menurut Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo, Garuda Indonesia akan terbang ke 9 kota di Tiongkok. Saat ini, ada tiga kota di Tiongkok yang diterbangi Garuda Indonesia melalui penerbangan reguler.

"Tapi nanti di luar tiga kota itu. Total ada sembilan kota," ungkap Arif saat ditemui di kantor Garuda Indonesia di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (29/1/2015).

Garuda Indonesia melayani penerbangan reguler dari Jakarta ke Beijing, Shanghai, dan Guangzhou. Namun di tahun 2015, Garuda Indonesia mulai melayani penerbangan carter ke kota-kota lainnya. Baru-baru ini, Garuda Indonesia telah membuka rute Denpasar-Beijing (PP) mulai 13 Januari 2015 yang lalu.

Arif menambahkan pengembangan rute Tiongkok tidak hanya dalam rangka Imlek tetapi akan dikembangkan sampai akhir tahun. "Kita garap pasar leisure berdasarkan penerbangan reguler dan carter," tutur Arif.

Untuk penerbangan carter, rute yang digarap adalah kota-kota secondary di Tiongkok seperti Chengdu, Chong Qin, Ningbo, Kunming, Jinan, Harbin, Xian, Shenyang, dan Chengzhou. Dari kota-kota ini akan terbang ke Denpasar dan Manado.

Salah satu upaya Garuda Indonesia adalah menutup rute Denpasar-Brisbane dan mengalihkannya tersebut ke Tiongkok. Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata, setiap tahunnya ada lebih dari 100 juta turis asal Tiongkok yang bepergian ke luar negeri. Namun, jumlah wisman Tiongkok yang masuk Indonesia hanya sekitar 800.000 atau kurang dari satu persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.