Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Wisatawan, Kebersihan Pulau Jadi Prioritas

Kompas.com - 31/01/2015, 14:38 WIB
PULAU HARAPAN, KOMPAS — Pulau Harapan di Kepulauan Seribu terus menata diri dalam menyambut wisatawan. Salah satu yang menjadi prioritas adalah kebersihan pulau.

Tahun 2015, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah petugas pemungut sampah, menempatkan tong sampah di sudut-sudut jalan, dan membangun tempat pengelolaan sampah di pulau tersebut.

Pantauan Kompas akhir pekan lalu, tak sulit menemukan tong sampah di Pulau Harapan. Petugas kebersihan dari Kelurahan Pulau Harapan pun secara bergantian membersihkan sampah rumah tangga dan menyapu jalan setiap hari.

Wisatawan yang berkunjung ke pulau seluas 6,7 hektar ini pun menyambut positif upaya pemerintah. ”Kalau lihat pulau bersih begini, kan, kita juga jadi nyaman,” kata Yoko (23), mahasiswa asal Jakarta yang mendatangi Pulau Harapan, Minggu (25/1/2015).

Sekretaris Kelurahan Pulau Harapan Ardani mengatakan, ada 35 orang berstatus pegawai kelurahan perjanjian kontrak atau tenaga honorer yang bertugas membersihkan pulau dan memperbaiki saluran air di wilayah kelurahan tersebut. ”Dari 35 orang, 30 pekerja ada di Pulau Harapan dan 5 orang di Pulau Sebira,” ujar Ardani.

Meskipun sebagian besar Pulau Harapan terlihat bersih, masih tampak timbunan sampah di sisi barat pulau. Menurut Ardani, sampah itu dimanfaatkan penduduk untuk dicampur batu karang dan pasir guna menguruk lahan di tepi laut. Di atas lahan reklamasi itu kemudian dibangun rumah.

Pemerintah daerah juga tengah membangun tempat pengolahan sampah (TPS) di Pulau Harapan. Sampah yang berasal dari lima pulau di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, yakni Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, Pulau Panggang, dan Pulau Pramuka, akan diolah dan didaur ulang di tempat ini.

”Proyek ini mulai dikerjakan Oktober 2014 dan ditargetkan selesai Februari 2015, kemudian langsung beroperasi,” kata Sarifuddin, pengawas proyek TPS dari PT Karya Bintang Laut.

TPS itu dilengkapi mesin daur ulang sampah plastik, bak penyortiran sampah, alat pembakar sampah (incinerator), dan dermaga kapal pengangkut sampah.

Camat Kepulauan Seribu Utara Agus Setiawan berharap, dengan adanya TPS yang dibangun di atas lahan seluas 2.000 meter persegi itu, persoalan sampah di lima pulau berpenghuni di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara itu dapat teratasi. (ILO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com