Kompas.com - 31/01/2015, 22:29 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan membangun museum bawah laut untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan asing ke daerah itu.

"Kami sudah membahas pembangunan museum bawah laut ini dengan Gubernur Babel dan pihak terkait lainnya. Mudah-mudahan pada tahun ini wacana pembangunan obyek wisata bawah laut tersebut terealisasi," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Babel KA Tajuddin di Pangkalpinang, Kamis (29/1/2015).

Ia menjelaskan, pembangunan museum bawah laut tersebut akan dilakukan di daerah bagian selatan Pulau Bangka dan Belitung, karena di kawasan tersebut banyak terdapat kapal-kapal zaman dahulu yang tengelam.

"Para wisatawan dapat menikmati kapal-kapal tengelam dan keindahan alam bawah laut yang masih terjaga dengan baik," ujarnya.

Ia mengatakan, sasaran kunjungan wisatawan yang ingin diraih yaitu wisatawan minat khusus dan komunitas tertentu, karena untuk menikmati wisata bawah laut ini membutuhkan keterampilan penyelam.

"Memang tidak semua wisatawan yang dapat berkunjung di dalam museum bawah laut ini, namun dengan adanya pembangunan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan," ujarnya.

Pada zaman dulu, kata dia, wilayah laut bagian selatan Pulau Bangka dan Belitung merupakan jalur perdagangan laut nasional dan internasional. Banyak kapal-kapal dagang tersebut tenggelam di wilayah tersebut.

"Para wisatawan tidak boleh mengambil benda-benda yang terdapat di dalam kapal tengelam tersebut, karena benda tersebut merupakan peninggalan sejarah yang harus dijaga dengan baik," ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya pembangunan museum bawah laut tersebut akan meningkatkan kunjungan wisatawan yang akan berdampak terhadap perekonomian dan pembangunan daerah.

"Mudah-mudahan pembangunan museum ini segera terealisasi sehingga menambah khasanah wisata dan tempat kunjungan wisatawan," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.