Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Sekolah Tinggi Pariwisata Segera Dibuka

Kompas.com - 01/02/2015, 08:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak tiga sekolah tinggi pariwisata baru segera dibuka di tiga provinsi yakni Mataram (Nusa Tenggara Barat), Palembang (Sumatera Selatan), dan Manado (Sulawesi Utara). "Kami akan segera membuka tiga sekolah pariwisata baru, saat ini masih terus kami kaji," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana di Jakarta, Sabtu (31/1/2015).

Pada 2015, Kemenpar melakukan studi kelayakan pengembangan sekolah tinggi pariwisata di Mataram, Palembang, dan Manado. Program studi kelayakan itu bahkan menjadi salah satu kegiatan unggulan Kemenpar.

Menurut Pitana, hal itu dilakukan untuk mewadahi tingginya animo masyarakat terhadap sekolah tinggi pariwisata, dalam beberapa tahun terakhir. "Peminat sekolah tinggi pariwisata dari tahun ke tahun meningkat signifikan. Ini artinya masyarakat sudah mulai menyadari potensi di bidang pariwisata," ucapnya.

Selama ini Kemenpar mengkoordinasikan empat sekolah tinggi pariwisata yakni di Medan, Bandung, Bali, dan Makassar.

Keempat sekolah tinggi tersebut dinilai sudah tidak mampu lagi menampung tingginya peminat yang terus meningkat. "Kita juga dorong Pemda, yayasan, swasta, atau universitas untuk membuka sekolah tinggi pariwisata," katanya.

Kemenpar, tambah Pitana, ingin menjadikan empat sekolah tinggi pariwisata yang berada di bawah koordinasinya sebagai "leader" atau "trend setter" bagi pendidikan pariwisata di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com