Menghadapi MEA 2015, Pekerja Pariwisata di Bali Mengkhawatirkan

Kompas.com - 01/02/2015, 12:10 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Pekerja di bidang pariwisata di Bali berjumlah sekitar 300.000 orang. Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Bali menyampaikan bahwa dari jumlah tersebut hanya 20 persen yang sudah mengantongi sertifikasi.

“Bayangkan, pekerja di sektor pariwisata di sini (Bali) berjumlah sekitar 300 ribuan. Dari jumlah ini, sekitar 20 persen yang sudah memiliki sertifikasi. Mengkawatirkan, akan kalah saing,” Kata Ketua PHRI Bali, Tjokorda Artha Ardana Sukawati, di Denpasar, Bali, Minggu (1/2/2015).

Pria berkumis yang akrap dipanggil Cok Ace ini juga mengingatkan kepada semua pihak bahwa menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 tidak bisa dianggap enteng. Indonesia, khususnya Bali juga harus mempersiapkan diri akan “kebanjiran” pekerja dari luar negeri yang sudah sertifikasi.

“Siap-siap kebanjiran pekerja dari luar negri. Orang Thailand dan negara-negara ASEAN lainnya sangat besar minatnya bekerja di Indonesia. Bali menjadi incaran sektor parwisata, siapa bilang mereka tidak mau digaji sesuai UMP di Bali? Mereka mau kok,” tambahnya.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Seorang pemandu wisata membawa turis berkeliling Ubud, Gianyar, Bali.
Cok Ace juga sempat menyarankan kepada pemerintah dan pengusaha, salah satu caranya adalah menyediakan tim pendidik yang memberikan penilaian dengan lokasi yang tidak jauh dari tempat bekerja.

“Dulu saya sudah tawarkan menyediakan tempat di hotel kami, pemerintah tinggal menghadirkan tim penilai. Karyawan tidak perlu meliburkan diri, jika kerja malam dia bisa mengikuti pendidikan pada pagi hari, dan sebaliknya. Perusahaan juga tidak rugi kan? Tapi hingga kini belum ada kemajuan," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.