Sambut Imlek, Parade Barongsai di Monumen Bajra Sandhi Denpasar

Kompas.com - 01/02/2015, 20:21 WIB
Atraksi Barongsai di depan Monumen Bajra Sandhi di Denpasar, Bali, oleh anggota FOBI Provinsi Bali, Minggu (1/2/2015). KOMPAS.COM/SRI LESTARIAtraksi Barongsai di depan Monumen Bajra Sandhi di Denpasar, Bali, oleh anggota FOBI Provinsi Bali, Minggu (1/2/2015).
|
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Dalam rangka perayaan Imlek 2366/2015, keluarga besar Perhimpunan Indonesia-Tionghoa (INTI) Provinsi Bali menggelar acara Parade Barongsai di Monumen Bajra Sandhi, Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar. Parade Barongsai diakui untuk pertama kalinya dalam menyambut Imlek.

"Ini dalam rangka menyambut perayaan Imlek. Kami keluarga besar Indonesia-Tionghoa menggelar Parade Barongsai untuk pertama kalinya. Kami berharap acara ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya," kata koordinator acara Parade Barongsai, Made Hadi Saputra, di Denpasar, Minggu (1/2/2015).

Made Hadi juga menyampaikan bahwa tema yang diusung pada Parade Barongsai tahun ini adalah "Berlandaskan Kejujuran, Hidup Sederhana, Saling Mengasihi Menuju Keharmonisan Berbangsa". Parade diikuti oleh 9 grup termasuk satu grup undangan dari Makassar, Sulawesi Selatan. Total pemain berjumlah 217 orang.

"Tujuannya untuk memperkuat akar budaya kita, mempersatukan generasi muda kita. Kami juga kedatangan satu grup dari Makassar yang berpartisipasi dalam acara ini," katanya.

Made Hadi menjelaskan atraksi barongsai ini mengelilingi Monumen Bajra Sandhi dengan disertai atraksi. Yang menarik, parade barongsai mendapat kehormatan dengan penampilan Barong Bali yang selama ini disakralkan. Hal ini yang menguatkan tradisi Tiongkok di Bali berdampingan harmonis dengan segala kelebihan masing-masing karya seni budaya. Acara dihadiri oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X