Kompas.com - 03/02/2015, 09:17 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan kunjungan wisman pada Desember 2014 melalui Bandara Ngurah Rai Bali sebanyak 341.111 orang dan menjadikan kunjungan terbanyak dibandingkan bandara lainnya di Indonesia.

“Bali memang menjadi daya tarik tersendiri bagi dunia pariwisata, terbukti, kunjungan wisman di Indonesia, terbanyak melalui Bandara Ngurah Rai Bali. Ini urutan pertama dibanding bandara yang lain,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, Panusunan Siregar, di Denpasar, Senin (2/2/2015).

Panusunan memaparkan, Bandara Ngurah Rai pada akhir tahun 2014 tercatat, keberangkatan internasional mencapai 2.227 penerbangan yang meningkat dibanding bulan sebelumnya 2.062 penerbangan. Tapi jumlah penumpang justru mengalami penurunan 327.717 orang menjadi 321.396 orang atau sekitar 1,93 persen.

“Untuk tujuan pesawat sama seperti asal wisatawan terbesar di Bali seperti Australia, Singapura, Malaysia, Hongkong dan Jepang,” katanya.

Mengingat Bali sebagai pintu masuk kunjungan wisman ke Indonesia, bisa jadi wisman yang tiba di Bali melanjutkan ke destinasi-destinasi wisata di Indonesia, atau menikmati Pulau Bali terlebih dahulu kemudian berwisata ke tempat lain di nusantara seperti Lombok, Labuan Bajo, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.