Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Wisman ke Indonesia Lebih Dominan Melalui Bali

Kompas.com - 03/02/2015, 09:17 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan kunjungan wisman pada Desember 2014 melalui Bandara Ngurah Rai Bali sebanyak 341.111 orang dan menjadikan kunjungan terbanyak dibandingkan bandara lainnya di Indonesia.

“Bali memang menjadi daya tarik tersendiri bagi dunia pariwisata, terbukti, kunjungan wisman di Indonesia, terbanyak melalui Bandara Ngurah Rai Bali. Ini urutan pertama dibanding bandara yang lain,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, Panusunan Siregar, di Denpasar, Senin (2/2/2015).

Panusunan memaparkan, Bandara Ngurah Rai pada akhir tahun 2014 tercatat, keberangkatan internasional mencapai 2.227 penerbangan yang meningkat dibanding bulan sebelumnya 2.062 penerbangan. Tapi jumlah penumpang justru mengalami penurunan 327.717 orang menjadi 321.396 orang atau sekitar 1,93 persen.

“Untuk tujuan pesawat sama seperti asal wisatawan terbesar di Bali seperti Australia, Singapura, Malaysia, Hongkong dan Jepang,” katanya.

Mengingat Bali sebagai pintu masuk kunjungan wisman ke Indonesia, bisa jadi wisman yang tiba di Bali melanjutkan ke destinasi-destinasi wisata di Indonesia, atau menikmati Pulau Bali terlebih dahulu kemudian berwisata ke tempat lain di nusantara seperti Lombok, Labuan Bajo, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com