Mau Kunjungan Wisatawan Meningkat? Perbaiki Infrastruktur

Kompas.com - 04/02/2015, 10:45 WIB
Area perbelanjaan di terminal baru Bandara Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (13/8/2014). Terminal yang dibangun dengan investasi sebesar Rp 2 triliun dan memiliki luas 110.000 meter persegi ini mampu menampung 10 juta penumpang per tahun. KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZESArea perbelanjaan di terminal baru Bandara Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (13/8/2014). Terminal yang dibangun dengan investasi sebesar Rp 2 triliun dan memiliki luas 110.000 meter persegi ini mampu menampung 10 juta penumpang per tahun.
EditorI Made Asdhiana
BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak mengatakan ketersediaan sarana dan prasarana atau infrastruktur merupakan salah satu syarat yang sangat menentukan kesuksesan kunjungan wisatawan ke Kaltim.

"Kita bersyukur telah menyelesaikan pembangunan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan. Ini merupakan Bandara internasional sebagai pintu masuk wisatawan mancanegara maupun nasional," kata Awang Faroek di Samarinda, Senin (2/2/2015).

Keberadaan bandara dengan berbagai fasilitasnya ini, menurut Faroek, ikut menentukan serta sangat menunjang bagi memudahkan dan memberikan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke kabupaten dan kota di Kaltim.

"Demikian halnya pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB) Sungai Siring yang sudah menyelesaikan sisi darat pada terminal penumpang dan area kendaraan yang saat ini sedang memasuki pengerjaan sisi udara," kata Awang Faroek.

KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Area check-in counter di terminal baru Bandara Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (13/8/2014). Terminal yang dibangun dengan investasi sebesar Rp 2 triliun dan memiliki luas 110.000 meter persegi ini mampu menampung 10 juta penumpang per tahun.
Pembangunan sisi udara bandara BSB yang berada di Samarinda yang melibatkan pihak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut ditargetkan tuntas pada 2016 dan segera dapat dioperasikan guna menunjang transportasi udara Kaltim, katanya.

Termasuk pembangunan jalan tol Samarinda-Balikpapan yang saat ini sedang dilakukan pengerjaan untuk paket I (kilometer 13 Balikpapan-Samboja Kutai Kartanegara) dan paket V (kilometer 13-Bandara Sepinggan Balikpapan) sehingga 2016 sudah dapat dimanfaatkan.

Dia menambahkan fasilitas lainnya yang ikut menunjang bagi kota modern yakni Convention Hall Samarinda yang ditarget pada April ini sudah selesai pengerjaannya sehingga sudah dapat dimanfaatkan untuk kepentingan umum.

"Terpenting kesuksesan tahun kunjungan wisata ke Kaltim ini selain ketersediaan infrastruktur daerah juga tidak terlepas dari peran serta keterlibatan semua pihak baik pemerintah maupun swasta termasuk masyarakat," kata Awang Faroek.

KOMPAS/AMIR SODIKIN Keindahan pantai di Pulau Maratua yang masuk dalam gugusan Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau Kalimantan Timur tak diragukan lagi, tetapi justru pengusaha Malaysia yang lebih tertarik menggarap paket wisata di pulau ini. Biasanya wisatawan yang datang ke Kepulauan Derawan justru mendapat informasi dari Malaysia, bukan dari Indonesia.
Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim, HM Aswin mengakui kunjungan wisatawan ke Kaltim dari tahun ke tahun telah terjadi peningkatan signifikan yakni mencapai 11 persen.

"Peningkatan kunjungan wisatawan ke Kaltim cukup signifikan mencapai 11 persen pada 2013 ke 2014. Khusus wisatawan mancanegara mencapai 10 persen sementara wisatawan dalam negeri meningkat dari 1,2 juta menjadi 1,4 juta orang," kata Aswin.

Dia menjelaskan data yang ditampilkan Badan Pusat Statistik (BPS) berbeda dengan informasi pencatatan tempat duduk pesawat kedatangan di bandara. Alasannya, kedatangan wisman tidak banyak yang langsung ke bandara di Kaltim tetapi melalui Jakarta, Surabaya dan Bali.



Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X