Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNESCO Tetapkan Kota Tua sebagai Nominasi "World Heritage Site"

Kompas.com - 04/02/2015, 14:08 WIB
Rachmat Ogie Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - UNESCO telah menetapkan Kota Tua Jakarta sebagai nominasi dalam salah satu World Heritage Centre. Dalam perayaannya, Selasa (3/2/2015), Kementerian Pariwisata telah memberi dukungan dalam bentuk pencanangan Kota Tua sebagai daya tarik wisata utama Jakarta sekaligus ground breaking Gedung Seni Pertunjukan yang merupakan program Quick Wins Presiden Jokowi-JK.

CEO PT Pembangunan Kota Tua Jakarta, Lin Che Wei menyebutkan, Kota Tua Jakarta diseleksi pada tanggal 1 Januari 2015 untuk menjadi situs yang layak bagi UNESCO World Heritgae Site. Sedangkan untuk penetapan Kota Tua sebagai daya tarik utama wisata Jakarta telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Menteri Pariwisata (Kepmen) KM.02/PW.202/PM/2014 dan ground breaking Gedung Seni Pertunjukan merupakan salah satu bentuk persiapan menuju UNESCO World Heritage Site.

Dalam persiapannya, Kota Tua Jakarta tidak memakan waktu lama. “Persiapan Kota Tua ini kita lakukan kurang dari 1 tahun tapi kita mendapatkan apresiasi yang luar biasa,” ungkap Lin Che Wei.

Kota Tua ini menjadi unik karena sejarah Jakarta yang masih melekat dengan arsitektural bangunan heritage. Kejayaan maritim Nusantara sebelum Portugis dan Belanda masuk ke Indonesia, dan pada asa VOC, sebagai pusat perdagangan berbasis kemaritiman terbesar di Nusantara.

Dalam acara perayaannya hadir Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Programme Specialist for Culture UNESCO Bernards Lens Zako, Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof Kacung Marijan, dan Chairman PT Pembangunan Kota Tua SD Darmono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com