Kompas.com - 06/02/2015, 14:06 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
SABANG, KOMPAS.com - Pukul 10.42, Jumat (6/2/2015), pesawat ATR 72-600 Garuda Indonesia yang dipiloti Kapten Andreas Kristianto mendarat di Bandara Maimun Saleh di Kota Sabang, Aceh, setelah terbang selama 1 jam 20 menit dari Bandara Internasional Kualanamu di Medan, Sumatera Utara. Peristiwa ini menandakan sejarah baru khususnya bagi pariwisata Aceh. Pasalnya penerbangan perdana Medan-Sabang semakin mempermudah wisatawan untuk menikmati keindahan Sabang, wilayah paling barat Republik Indonesia.

Turut serta dalam penerbangan perdana Medan-Sabang adalah Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo, Pangkoops I TNI Angkatan Udara Marsda Dwi Putranto, dan Gubernur Aceh Zaini Abdulah.

Gubernur Aceh Zaini Abdulah menyambut baik rute penerbangan Medan-Sabang yang baru diresmikan ini. Apalagi sebelumnya Garuda telah membuka penerbangan Kualanamu-Nagan Raya (Meulaboh) pp pada tanggal 2 Februari 2015 lalu dan Kualanamu-Lhokseumawe pada 4 Februari 2015.

"Kiranya penerbangan tersebut akan berdampak terhadap peningkatan kunjungan wisatawan dan perekonomian Aceh di masa mendatang," kata Zaini.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Pesawat ATR 72-600 Garuda Indonesia tiba di Bandara Maimun Saleh, Sabang, Aceh, Jumat (6/2/2015), setelah terbang dari Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara. Garuda melayani penerbangan Medan-Sabang tiga kali seminggu yakni hari Rabu, Jumat dan Minggu.
Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan dengan dibukanya rute Medan-Sabang menandai bahwa Garuda telah menerbangi rute dari Sabang sampai Merauke. "Garuda telah meningkatkan konektivitas yang menghubungkan seluruh kepulauan Indonesia mulai dari paling barat hingga paling timur," kata Arif.

Menurut Arif, untuk tahap awal penerbangan Medan-Sabang dilakukan tiga kali seminggu yakni Rabu, Jumat, dan Minggu. "Kami akan evaluasi. Kalau tingkat keterisian penumpang menggembirakan, bisa jadi penerbangan setiap hari," ujar Arif.

Dengan pengoperasian rute Medan-Sabang, lanjut Arif, maka setiap Minggu, Garuda Indonesia telah mengoperasikan sebanyak 32 penerbangan dari Aceh setiap minggunya. "Yakni rute Jakarta-Banda Aceh sebanyak 14 kali seminggu, Medan-Banda Aceh 7 kali seminggu, dan masing-masing Kualanamu-Meulaboh 4 kali, Kualanamu-Lhokseumawe 3 kali seminggu," tambah Arif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.