Jalur Pendakian ke Gunung Guntur dan Papandayan Ditutup

Kompas.com - 06/02/2015, 18:01 WIB
Rute mendaki dengan kontur tanah berbatu di Gunung Papandayan, Jawa Barat KOMPAS.com/Tri WahyuniRute mendaki dengan kontur tanah berbatu di Gunung Papandayan, Jawa Barat
EditorNi Luh Made Pertiwi F
GARUT, KOMPAS.com - BKSDA Jawa Barat menutup jalur pendakian ke Gunung Guntur dan Gunung Papandayan. Kebijakan ini diambil untuk mencegah terjadinya hal yang tak diharapkan menyusul kondisi cuaca ekstrem yang akhir-akhir ini melanda Garut.

Kabid Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan penutupan jalur pendakian menuju dua gunung api aktif ini ditetapkan melalui melalui surat nomor S. 189/BBKSDA.JABAR-5/2015 tertanggal 29 Januari 2015. Dalam surat tersebut diterangkan, penutupan berlangsung selama 2 bulan mulai 2 Februari 2015 hingga 31 Maret 2015.

"Karena cuaca cukup ekstrim, jalur pendakian ke dua gunung itu ditutup oleh BKSDA," kata Tubagus, Senin (2/2/2015).

Penutupan jalur pendakian ini didahului dengan kejadian tersambarnya enam pendaki asal Depok dan Jakarta oleh petir di Gunung Guntur beberapa hari lalu. Mereka berhasil lolos dari maut walaupun harus dijemput tim penyelamat.

Seluruh kecamatan di kawasan selatan Kabupaten Garut pun disiagakan untuk mewaspadai ancaman longsor, pergetakan tanah, ombak besar, dan banjir bandang. Warga di perkotaan dan utara Garut pun diimbau waspada angin kencang dan lainnya akibat serangan cuaca ekstrim pada Februari 2015.

Tubagus, mengatakan menghadapi cuaca ekstrim yang diperkirakan terjadi selama 2015, pihaknya menyiagakan posko siaga bencana di setiap kecamatan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X