Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Persiapkan Tiga Pelabuhan untuk Wisata Bahari

Kompas.com - 07/02/2015, 19:00 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Provinsi Bali mempersiapkan tiga pelabuhan untuk menyambut wisata bahari dari berbagai negara. Tiga pelabuhan tersebut di antaranya Benoa di Denpasar, Tanah Ampo di Kabupaten Karangasem, dan Celukan Bawang di Kabupaten Buleleng.

“Kita memperispakan tiga pelabuhan, yaitu Benoa, Tanah Ampo, dan Celukan Bawang. Jadi semuanya masih dipersiapkan dengan matang untuk memberikan kemudahan bagi kapal-kapal wisata yang akan bersandar di pelabuhan nantinya,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Anak Agung Juniarta Putra saat dihubungi Kompas.com, Denpasar, Bali, Sabtu (7/2/2015).

Agung Juniarta juga menjelaskan, untuk kondisi Pelabuhan Benoa memang sudah pernah disinggahi kapal-kapal pesiar dan kapal yacht. Bahkan pada 2014 lalu, Pelabuhan Benoa sudah pernah disinggahi sekitar 50 kapal pesiar. Oleh karena itu, ke depannya tetap dipikirkan untuk perbaikan dan meningkatkan fasilitas yang akan agar bisa terlayani dengan baik.

“Kalau Pelabuhan Tanah Ampo masih dalam perbaikan dan masih mengajukan anggaran ke pusat untuk pembangunan sandaran kapal. Kekurangan sandaran itu sekitar 200 meter. Dulu di Tanah Ampo sudah dibangun sekitar 150 meter untuk sandaran kapal, ternyata masih kurang panjang. Sementara untuk Pelabuhan Celukan Bawang, juga sama, harus diperbaiki agar layak untuk disinggahi kapal pesiar,” tambahnya.

Untuk saat ini, hanya Pelabuhan Benoa yang dinilai masih bisa untuk disinggahi kapal pesiar hanya perlu perbaikan. Sementara untuk Pelabuhan Tanah Ampo dan Celukan Bawang ditargetkan selesai tahun ini agar bisa digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com