Sensasi Berenang di Atas Awan Gunung Telomoyo

Kompas.com - 08/02/2015, 21:47 WIB
Wisatawan asal Semarang, melakukan atraksi di atas kolam renang di atas awan di Kaki Gunung Telomoyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (7/2/2015). KOMPAS.COM/NAZAR NURDINWisatawan asal Semarang, melakukan atraksi di atas kolam renang di atas awan di Kaki Gunung Telomoyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (7/2/2015).
|
EditorI Made Asdhiana
SEEKOR apung berwana kuning kecoklatan itu tak sengaja singgah di kepala Parkee (30), mahasiswa Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang yang sedang berlibur di Agrowisata Salib Putih di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Parkee tak menduga akan mendapat sambutan hangat dari capung, hingga mendarat sesaat di kepalanya. Ia lantas mencoba membandingkan capung yang hinggap itu dengan capung yang ada di negara asalnya, Korea Selatan.

Menurut dia, berwisata di Indonesia sangat mengagumkan. Keindahan alam, iklim, serta keramahan masyarakat setempat sangat menunjang potensi pariwisata. Dia yang telah mengunjungi puluhan destinasi wisata di Indonesia itu sangat mengapresiasi potensi wisata yang ada di Salatiga.

"Kalau di tempat saya (capung) namanya Jamjari, tapi tidak sebanyak ini. Capung-capung ini Indah," kata Parkee, takjub melihat keindahan alam di Agrowisata Salib Putih Salatiga, Sabtu (7/2/2015).

Di Kota Salatiga, Jawa Tengah, potensi wisata keindahan itu tidak hanya satu. Salatiga menawarkan sejuta pesona keindahan alam yang belum sepenuhnya tereksplorasi para pelancong. Di bawah kaki Gunung Telomoyo, gunung tertinggi Salatiga misalnya, anda dapat menemukan beragam destinasi wisata yang layak anda coba. (Baca juga: Serunya Bermain Polo Lumpur di Jember)

Salah satu wisata mengesankan adalah berenang di atas awan. Kolam renang dengan diameter 10x15 meter dengan kedalaman 140 centimeter itu persis berada di atas awan. Berbagai sisi kolam terhampar luas pegunungan. Sisi utara ada hamparan Gunung Lawu, sisi barat Gunung Telomoyo, dan sisi selatan terlihat Gunung Merbabu.

Saat berenang di tempat ini, anda akan melihat ketakjuban ini. Suasana kian mendukung ketika iklim sejuk nan asri, serta rimbunnya pepohonan di sekitar lokasi wisata membantu memanjakan tubuh anda. Tempat wisata untuk berenang di atas awan ini tak sulit ditemukan, lantaran berada di jalur wisata Salatiga-Kopeng. Jika anda melihat tanda Salib Putih di jalur tersebut, turunlah, kemudian masuk dan tengoklah keindahan di dalamnya.

KOMPAS.COM/NAZAR NURDIN Arah petunjuk nama-nama gunung di sekitar kolam renang di atas awan, Salatiga, Jawa Tengah. Ada Gunung Merbabu, Sindoro, Telomoyo, Ungaran, Merapi dan Muria.
Bagi anda penyuka tantangan, berenang di atas awan Gunung Telomoyo akan membawa kesan tersendiri. Tempat ini sangat cocok bagi keluarga yang hendak menghabiskan hari libur akhir pekan. Tempat ini juga direkomendasikan bagi pihak yang hendak melakukan outbound atau camping. Tempat ini menyediakan lima lapangan khusus untuk outbound.

Ketika anda outbond anda pasti tidak akan mengira jika ratusan capung terbang bebas di sekeliling anda. Capung-capung itu terlihat tak beraturan, bersahutan satu sama lain. Banyaknya capung tentu saja bisa menandakan tempat wisata ini masih sangat asri dari jangkauan banyak pelancong. Hanya saja, Parkee yang telah mengunjungi tempat ini tak menikmati berenang di atas awan ini. Meski demikian, dia sangat senang dengan wisata di Kota Salatiga ini. (Baca juga: Wow, Berenang di Kolam Berisi Bir)

Salah satu wisatawan dari Semarang, Zainal Mawahib (24) merasakan hal yang sama dengan Parkee. Bumi Salatiga yang sejuk itu menyimpan aneka ragam keindahan alam yang memanjakan mata. Dia pun dengan senangnya berlama-lama dengan air kolam itu, sembari melakukan atraksi di atas air. "Saya baru kali ini ke sini. Ternyata indah, tempatnya bagus. Kolam renangnya, airnya jernih, di atas awan juga," serunya.

Salib putih juga menawarkan vila untuk disewa tiap malam. Lokasi wisata yang luas membuat tempat ini masih bisa dikembangkan lebih baik. Pesona keindahan berenang di atas awan Gunung Telomoyo, lanjut Wahib, perlu dikembangkan lebih jauh lagi. Dia menginginkan agar potensi wisata yang bagus ini bisa diimbangi dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung. "Tempat ini seru buat menggelar berbagai acara. Tapi perlu sosialisasi lagi agar lebih terkenal," tambahnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X