Sebelum ke Gili Trawangan dan Derawan, Simak Tips Ini

Kompas.com - 09/02/2015, 18:24 WIB
Wisatawan dan cidomo di Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (18/4/2014). KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAWisatawan dan cidomo di Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (18/4/2014).
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Pulau-pulau wisata di Indonesia yang tengah naik daun menghadapi masalah yang sama, yaitu sampah. Seperti Gili Trawangan di Nusa Tenggara Barat dan Derawan di Kalimantan Timur, di satu sisi setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Tetapi, di sisi lain, pulau-pulau ini mengalami kendala dalam mengelola sampah.

Jika Anda berencana mengunjungi pulau-pulau wisata di Indonesia, seperti Gili Trawangan, Derawan, sampai Raja Ampat, simak tips berikut untuk menjadi wisatawan yang bertanggung jawab. Kiat sama juga berlaku untuk pulau-pulau wisata dekat dengan tempat tinggal Anda. Misalnya Pulau Tidung yang sering menjadi destinasi akhir pekan warga Jakarta.

1. Hindari kemasan sachet

Kemasan sachet, seperti shampoo sachet, memang praktis dibawa saat traveling. Tetapi plastik jenis ini, dengan aluminium di bagian dalamnya, susah untuk didaur ulang. Alih-alih, biasanya sampah plastik jenis ini harus dibakar.

Agar tetap praktis, bawa saja perlengkapan mandi dalam ukuran kecil. Saat ini sudah banyak yang menjual botol isi ulang dalam ukuran kecil. Isi botol-botol tersebut dengan shampoo dan sabun cair. Untuk pasta gigi bisa membawa tube ukuran kecil.

Jika terpaksa harus membeli dalam kemasan sachet, cara terbaik adalah menyimpan sampah kemasan. Bawa pulang kemasan tersebut dan buang saat di pulau utama atau saat sudah di tempat tinggal Anda.

2. Kurangi konsumsi camilan ringan

Sama seperti kemasan sachet, camilan ringan biasanya menggunakan kemasan dari plastik yang sama, yaitu aluminium di bagian dalamnya. Plastik ini pun susah didaur ulang.

Cara terbaik jangan membuangnya, walau di tong sampah sekali pun. Simpan sampah plastik dan bawa pulang. Baru buang sesampai Anda di rumah.

3. Hindari peralatan makan sekali pakai

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X