Kompas.com - 09/02/2015, 20:59 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Wisatawan asal Tiongkok diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Bali pada momen perayaan Imlek. Imlek adalah libur panjang bagi warga di Tiongkok yang dimanfaatkan untuk berwisata ke luar negeri salah satu destinasi favorit mereka adalah Bali.

“Sudah pasti baguslah momen imlek. Memang kalau di Tiongkok itu saat Imlek mereka traveling, salah satu destinasi wisata favoritnya adalah Bali,” kata Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Bali, Ketut Ardana kepada Kompas.com, di Denpasar, Bali, Senin (9/2/2015).

Ardana menyampaikan bahwa momen Imlek inilah yang harus dimanfaatkan pariwisata di Bali. Namun sayangnya, perbandingan jumlah wisatawan asal Tiongkok yang berlibur ke Indonesia khususnya ke Bali saat Imlek masih terbilang cukup kecil. Dari 100 juta wisatawan Tiongkok yang berlibur ke luar negeri, Bali hanya tidak lebih dari satu juta orang saja.

“Ke Bali masih sedikit, tidak lebih dari satu juta. Ini yang harus dipikirkan bersama untuk mendongkrak kunjungan wisatawan asal Tiongkok itu. Harus dicari tahu apa yang perlu diperbaiki,” ujarnya.

Data dari BPS yang dirilis, pada 2014 tercatat wisatawan Tiongkok berjumlah 586.300 orang dan merupakan urutan kedua setelah Australia. Walaupun urutan kedua tapi mengalami peningkatan yang signifikan daripada tahun sebelumnya sebanyak 51,29 persen. Dengan perkembangan yang baik ini, diharapkan terus mengalami peningkatan, terutama pada momen-momen tertentu yang menarik minat wisatawan khususnya Tiongkok seperti Hari Raya Imlek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.