"Bosan" Tokyo? Bisa Pilih Pelesir ke Hokkaido - Kompas.com

"Bosan" Tokyo? Bisa Pilih Pelesir ke Hokkaido

Kompas.com - 27/02/2015, 19:10 WIB
twoKim / Shutterstock.com Sapporo Beer Museum, satu-satunya museum bir di Jepang.
JAKARTA, KOMPAS.com - Wisata ke Jepang memang tengah naik daun dua tahun belakangan ini bagi orang Indonesia. Umumnya destinasi wisata di Jepang yang menjadi favorit orang Indonesia adalah Tokyo dan Osaka.

"Jepang sudah sangat terkenal terutama Tokyo dan Osaka. Memang North Asia (Asia utara) sedang booming. Kalau yang sudah ke Jepang, ngapain lagi ke Jepang, ada apa lagi," ungkap Vice President Marketing and Communication Smailing Tour Putu Ayu Aristyadewi dalam media gathering di Jakarta, Kamis (26/2/2015) malam.

Menurut Putu, umumnya memang Tokyo dan Osaka yang menjadi favorit orang Indonesia. Padahal ada Sapporo di Hokkaido yang merupakan pulau paling utara Jepang. Ia mengaku Hokkaido menjadi destinasi Jepang terbaru bagi orang Indonesia yang mulai naik daun.

"Di Hokkaido karena di utara, musim dinginnya lebih lama," tuturnya.

Salah satu festival terkenal di Sapporo adalah festival musim dingin yang berlangsung panjang. Berbeda dengan Tokyo dan Osaka yang lebih menawarkan wisata urban, Hokkaido lebih menawarkan wisata alam. Putu menjelaskan di Sapporo misalnya setiap musim menampilkan warna yang berbeda.

Kota Sapporo yang berada di Hokkaido sebenarnya destinasi wisata yang sudah mendunia. Menurut Putu, Sapporo disebut sebagai "City of Colour" karena setiap musimnya menawarkan warna yang berbeda.

"Seperti melihat sakura bersemi mungkin sudah biasa di Jepang. Tapi di Sapporo lihat lavender," terang Putu.

Putu mengaku selama dua tahun belakangan, Hokkaido menjadi alternatif pilihan destinasi wisata di Jepang, terutama di saat musim dingin. Rata-rata dari Smailing Tour bisa memberangkatkan hingga 10 grup ke Hokkaido. Sebagai informasi, paket Hokkaido dari Smailing Tour yaitu "Comfort Colourful of Hokkaido" selama 8 hari ditawarkan mulai dari 1.988 dollar AS. 

"Kalau paket 'Comfot' ini agak lebih mahal karena sesuai namanya dia punya itinerary lebih variatif, lebih panjang waktu turnya, hotel bintang 4, lebih comfortable. Hokkaido kita paket 'Comfort' karena disesuaikan dengan destinasinya," jelas Putu.



EditorNi Luh Made Pertiwi F
Close Ads X