Kompas.com - 01/03/2015, 09:15 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi harus dapat memanfaatkan Great Bali untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara maupun nusantara. Dengan total kunjungan wisatawan nusantara di Bali telah mencapai 3,7 juta orang dengan pemasukan daerah hampir Rp 50 triliun, hal itu merupakan competitive advantage yang dimiliki Banyuwangi, Jawa Timur, untuk meningkatkan pariwisata.

“Banyuwangi tidak dikenal siapa pun. Jangankan Banyuwangi, bahkan Indonesia pun tidak dikenal di dunia. Tapi Bali dikenal. Saya akan menawarkan konsep Greater Bali untuk untuk menjual Banyuwangi," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya ketika me-launching Festival Banyuwangi 2015 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Sabtu (28/2/2015).

Ia menambahkan segala paket-paket wisata yang dijual harus ada Bali. Kalau ingin menjual Bromo, ia akan bilang brand Bali. Termasuk Banyuwangi. Seperti yang diucapkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, paket yang dijual harus terintegrasi yaitu promosi 3B (Bali, Banyuwangi, dan Bromo).

"Seperti juga sekarang ada kapal dari Freemantle, Australia yang ingin ke Bali. Nanti saya akan buat rute Fremantle-Bali, dan Banyuwangi. Sementara Banyuwangi ikut dari Bali. Semua tetap ada embel-embel nama Bali," imbuhnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan senang akses dari Bali menuju Banyuwangi sudah lebih mudah. Pertama sudah ada bandara dan yang kedua, Bali sudah membangun jalur transportasi menuju Banyuwangi lebih cepat. Kabarnya juga sudah ada speed boat dari Benoa menuju Pulau Merah.

“Ini ini bukan soal target Banyuwangi untuk mendatangkan wisatawan. Tapi konsolidasi infrastruktur. Karena tidak mungkin pariwisata berkembang kalau infrastrukturnya tidak bagus”, kata Anas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.