Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potensi Gerhana Matahari Total Belum Dilirik

Kompas.com - 03/03/2015, 13:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS - Pelaku sektor industri pariwisata di Indonesia belum merespons potensi wisata terkait gerhana matahari total yang akan melalui sejumlah titik di wilayah Indonesia pada 9 Maret 2016. Padahal, peristiwa yang jarang terjadi itu berpotensi menarik wisatawan asing ke Indonesia.

Public Relations and Marketing Communication PT Go Online Destinations atau pegipegi.com Anggara Yudha Pratama kepada Kompas, Senin (2/3/2015), di Jakarta, mengatakan, hingga kini belum ada promosi bagi wisatawan terkait peristiwa gerhana matahari total.

Pegipegi.com adalah perusahaan jasa perjalanan dan perhotelan yang melayani pemesanan tiket dalam jaringan.

”Kami hanya menambah daftar hotel di daerah-daerah yang dilalui gerhana matahari total. Kami ingin jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia saat itu bisa banyak dan semua akomodasi penginapan mampu menampung,” ujar Anggara.

Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan (Astindo) Pauline Suharno mengatakan, Astindo menjual tiket sesuai promosi umum dari maskapai penerbangan. ”Kami belum tahu apakah maskapai penerbangan akan mengeluarkan kebijakan promosi terkait gerhana matahari total itu. Belum ada pembicaraan juga soal itu,” ujarnya.

Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Direktorat Jenderal Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata Tazbir mengatakan, Kementerian Pariwisata akan fokus pada promosi melalui sinergi dengan dinas dan pelaku wisata di daerah-daerah.

”Dua minggu lalu, kami melakukan rapat dengan Lapan di Bandung. Kami masih mendiskusikan bentuk dukungan pemerintah mengenai potensi wisata terkait gerhana matahari total itu,” tutur Tazbir.

Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia Deddy H Sutisno mengatakan, pemerintah perlu menyusun program atraksi budaya lokal yang dapat menambah daya tarik wisata di daerah-daerah yang dilalui gerhana matahari total.

”Contohnya, wisata pelayaran. Pada 2015, pemerintah akan menyelenggarakan wisata nasional pelayaran Sail Tomini di Sulawesi Tengah. Kebetulan, daerah itu diperkirakan dilalui gerhana matahari total. Saya mendengar pemerintah daerah di sana sudah mulai berpromosi,” ujarnya.

Berdasarkan laman NASA, gerhana matahari total dapat disaksikan di Kepulauan Mentawai (Sumatera Barat), Palembang (Sumatera Selatan), Bangka Belitung, Selat Karimata, Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Palu (Sulawesi Tengah), perairan Laut Maluku, Maluku Utara, dan perairan Laut Halmahera. (MED)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com