Kompas.com - 03/03/2015, 21:34 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
CIREBON, KOMPAS.com - Kini, wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan Keraton Kasepuhan Cirebon harus memakai tiket elektronik (e-ticket). Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meresmikan Layanan Tourism, Web Commerce, dan E-Ticketing Keraton Kasepuhan Cirebon pada Selasa (3/3/2015) di Cirebon, Jawa Barat.

Seperti termuat dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, e-commerce Keraton Kasepuhan beralamat di www.royalkasepuhancirebon.com. Acara peresmian dihadiri pula CEO Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo dan  Direktur Enterprise & Business Service PT Telkom Muhammad Awaluddin bersama Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat.

Adapun selama ini PATA Indonesia Chapter dipercaya mengelola Keraton Kasepuhan Cirebon, khususnya tiket masuk melalui e-ticket guna meningkatkan kunjungan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara ke Cirebon yang dilakukan belum lama ini.

Sebelumnya, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Sultan Sepuh XIV Kasultanan Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat mengatakan, penggunaan e-ticket sebenarnya sudah diujicobakan selama tiga bulan terakhir dengan harga tiket Rp 15.000.

Menurut Sultan Sepuh, selain meluncurkan e-ticket, juga dilakukan peluncuran website dan e-commerce Royal Kasepuhan Cirebon. Website tersebut berisi informasi lengkap tentang Keraton Kasepuhan Cirebon.

Sultan Sepuh bilang, e-ticket ini efektif dan efisien guna memudahkan pengunjung yang masuk ke kawasan Keraton Kasepuhan Cirebon, dan pembaruan database. "Ada beberapa keuntungan dari pemberlakuan e-ticket ini, di antaranya e-ticket dapat dijual secara online, bisa diakses dari dalam maupun luar negeri, bisa terdata pembeli online, terdata jumlah pengunjung secara online, memudahkan pengunjung mendapat tiket, dan lain-lain," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.