Kompas.com - 04/03/2015, 11:25 WIB
Anggota tim Ekspedisi Cincin Api Kompas mendokumentasikan kawasan rumah adat Batak di Huta Bolon, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (23/7/2011). KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYATAnggota tim Ekspedisi Cincin Api Kompas mendokumentasikan kawasan rumah adat Batak di Huta Bolon, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (23/7/2011).
EditorI Made Asdhiana
SAMOSIR, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, memprogramkan pembenahan dan pengembangan sejumlah obyek wisata serta membina mental masyarakat supaya memiliki sikap sadar wisata.

"Tercatat 92 titik lokasi obyek wisata di delapan kecamatan," kata Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Samosir, Ombang Siboro, di Pangururan, Selasa (3/3/2015).

Pemkab kata Ombang juga mendorong partisipasi masyarakat, kelompok dan pelaku wisata, serta institusi pendidikan secara optimal untuk bersinergi mewujudkan Visit Samosir Year 2015.

Dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Nusantara dan mancanegara, Pemkab Samosir mengadakan berbagai kegiatan yang dilaksanakan secara bertahap. "Misalnya Horas Fiesta Samosir, dengan konsep bertahap dalam penyelenggaraannya, sehingga pengunjung datang berkali-kali," kata Ombang.

Data di Dinas Parsenibud yang diperoleh dari hotel dan tempat wisata, menunjukkan peningkatan kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun, di mana 2005 tercatat 28.286 orang, 2013 mencapai 149.779 orang.

"Per Desember 2014 mencapai 180.000 wisatawan," tambah Ombang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.