Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suka Durian? Ada Festival Durian di Magelang Pertengahan Maret

Kompas.com - 06/03/2015, 09:45 WIB
MAGELANG, KOMPAS.com - Mengulang kesuksesan di tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah akan menggelar Festival Buah Durian Lokal dan Buah Eksotis Kabupaten Magelang 2015. Festival akan digelar di Lapangan Kecamatan Candimulyo pada 19-21 Maret 2015.

Festival durian dan buah eksotis ini, berawal dari adanya panen raya buah durian di Kecamatan Candimulyo dan panen buah-buahan lainnya di wilayah Kabupaten Magelang. Selain itu Kecamatan Candimulyo merupakan salah satu penghasil terbesar komoditas durian yang banyak diusahakan petani dan merupakan komoditas unggulan Kecamatan Candimulyo.

Populasi tanaman durian di Kecamatan Candimulyo lebih dari 10.000 batang dengan berbagai jenis/varietas lokal yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Angka produktivitas buah durian berkisar antara 75–100 butir per pohon.

FANY RACHMAWATI Kirab Gunungan Durian yakni mengarak minimal 3 gunungan buah durian keliling Desa Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Festival ini bertujuan mempromosikan produk pertanian, terbukanya jaringan kemitraan dan pemasaran potensi lokal, serta pengembangan budaya lokal. Selain itu juga diharapkan agar hasil olahan buah durian dapat memiliki nilai jual.

Rangkaian acara Festival Durian dan Buah Eksotis Kabupaten Magelang 2015 akan dimeriahkan dengan Lomba Buah Durian, Bazar Durian, Lomba Olahan Durian, dan yang paling menarik adalah Kirab Gunungan yang akan mengarak minimal 3 gunungan buah durian keliling Desa Candimulyo. Selain itu juga akan dipentaskan sejumlah kesenian rakyat dan gelaran campur sari. (Fany Rachmawati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com