Kompas.com - 06/03/2015, 09:45 WIB
EditorI Made Asdhiana
MAGELANG, KOMPAS.com - Mengulang kesuksesan di tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah akan menggelar Festival Buah Durian Lokal dan Buah Eksotis Kabupaten Magelang 2015. Festival akan digelar di Lapangan Kecamatan Candimulyo pada 19-21 Maret 2015.

Festival durian dan buah eksotis ini, berawal dari adanya panen raya buah durian di Kecamatan Candimulyo dan panen buah-buahan lainnya di wilayah Kabupaten Magelang. Selain itu Kecamatan Candimulyo merupakan salah satu penghasil terbesar komoditas durian yang banyak diusahakan petani dan merupakan komoditas unggulan Kecamatan Candimulyo.

Populasi tanaman durian di Kecamatan Candimulyo lebih dari 10.000 batang dengan berbagai jenis/varietas lokal yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Angka produktivitas buah durian berkisar antara 75–100 butir per pohon.

FANY RACHMAWATI Kirab Gunungan Durian yakni mengarak minimal 3 gunungan buah durian keliling Desa Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Festival ini bertujuan mempromosikan produk pertanian, terbukanya jaringan kemitraan dan pemasaran potensi lokal, serta pengembangan budaya lokal. Selain itu juga diharapkan agar hasil olahan buah durian dapat memiliki nilai jual.

Rangkaian acara Festival Durian dan Buah Eksotis Kabupaten Magelang 2015 akan dimeriahkan dengan Lomba Buah Durian, Bazar Durian, Lomba Olahan Durian, dan yang paling menarik adalah Kirab Gunungan yang akan mengarak minimal 3 gunungan buah durian keliling Desa Candimulyo. Selain itu juga akan dipentaskan sejumlah kesenian rakyat dan gelaran campur sari. (Fany Rachmawati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.