Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2015, 16:59 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersiaplah wangi buah berduri menyelusup masuk ke lubang hidung ketika memasuki areal parkir Rumah Durian Harum. Di dekat pintu masuknya pun terdapat replika buah durian. Seperti penjaga yang siap  menyambut para pengunjung.

Lima lemari pendingin berada di dekat pintu masuk. Di dalamnya tersimpan olahan buah durian seperti es krim, pancake, dan jus. Replika durian juga berjajar terpajang di etalase dekat kaca. Bagi para pencinta durian, tempat ini layak disebut surga.

Saya langsung menyasar ke sebuah ruangan di sebelah kanan pintu masuk lalu kemudian duduk. Lembaran menu menunggu untuk dibuka. Sebuah meja kecil dengan bangku empat buah siap mengantarkan lidah untuk menyeruput es krim durian. “Saya pesan Es Krim Duren Keren, Mas," kata saya.

Dari gambar yang ada di menu, kudapan bertekstur kasar ini serasa menyihir mata. Tak sabar menunggu pesanan datang. Namun, Alan (31) sang pemilik Rumah Durian Harum menemani saya. “Ini menu es durian yang paling laku keras, Mas. Pengunjung yang datang suka pesan ini," katanya.

Tak berapa lama, segelas es krim durian yang saya tunggu-tunggu akhirnya tiba di meja. Warna cokelat dari susu kental membaluri kudapan dingin bertekstur kasar ini. Warna merah juga menghiasi es krim rasa vanila ini. Namun warna-warna itu kemudian bercampur.

“Es krim terbuat dari susu vanila mas. Warna merahnya dari sirup. Nah daging duriannya ini juga yang bikin istimewa. Legit mas," kata Alan kepada Kompas Travel beberapa waktu lalu.

Dingin es dengan rasa durian yang legit membuat saya bergidik. Legit menjalari lidah yang mengicip sendok demi sendok. Perlahan es krim mencair dan memenuhi gelas.

Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Pengunjung menikmati durian di bagian dalam Rumah Durian Harum, Jakarta Selatan, Kamis (5/3/2015).

Di Rumah Durian Harum terdapat dua ruangan yang dapat digunakan oleh para penikmat durian. Bagi yang ingin menyantap durian sambil merokok, dapat menuju ruangan di sebelah kanan pintu masuk. Jika tidak ingin menghisap asap rokok, tersedia ruangan ber-AC di kiri dari pintu masuk.

Di dalam resto yang menyajikan menu yang didominasi oleh durian ini, berasa seperti bermain di kolam durian. Buah durian memenuhi hampir setiap sudut. Aroma daging menyeruak dari balik kulit buah yang berduri. 

Selain es krim duren keren, menu es krim yang ditawarkan adalah es campur blegur, es campur spesial, es kacang merah, dan es krim durian. Es campur bleguer menyajikan rasa es krim vanila dengan ditambah kolang-kaling, kelapa jelly, pepaya, durian dan kacang merah. Sementara, es campur blegur disajikan tanpa durian.

Jika ingin mencicipi es durian keren dan beberapa sajian olahan lain, Anda dapat menuju Jl. Raya Panjang No. 29, Jakarta Barat atau yang dikenal dengan Perempatan Pos Pengumben. Harga segelas es durian keren dihargai dengan harga Rp 20.000. Resto durian ini buka setiap hari mulai dari jam 11.00 hingga 22.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com