Kompas.com - 10/03/2015, 10:53 WIB
EditorI Made Asdhiana

GORONTALO, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Gorontalo menyiapkan Danau Limboto sebagai destinasi wisata baru, pada tahun 2015. Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Senin (9/3/2015), mengatakan danau tersebut sebelumnya memang menjadi salah satu obyek wisata, namun belum digarap dengan baik.

"Destinasi wisata Danau Limboto akan menggabungkan wisata darat dan air. Para pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan di danau dari berbagai sisi karena ada jalan baru yang bisa dilalui di sekelilingnya," kata Idris.

Jalan yang melingkar di tepi danau merupakan bagian dari proyek Revitalisasi Danau Limboto, yang disertai dengan pembangunan pintu air. Selain bisa memancing dan menikmati pemandangan danau, pengunjung juga bisa mengelilingi danau dengan perahu milik nelayan.

"Kami juga mengeruk danau serta menabur bibit ikan agar danau ini tetap menjadi mata pencaharian masyarakat sekitarnya seperti dulu. Tujuan revitalisasi ini untuk kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sementara itu Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo, Sutrisno menjelaskan bahwa penebaran bibit ikan bertujuan untuk pengembangan dan pemulihan sumber daya ikan di Danau Limboto, sehingga stok ikan akan tetap terjaga.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian nelayan untuk melestarikan dan menjaga ketersediaan sumber daya ikan di dengan menggunakan peralatan yang ramah lingkungan.

"Kami menggelar lomba memancing untuk sosialisasi penggunaan alat ramah lingkungan, serta menggelar lomba dayung agar jumlah wisatawan meningkat," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.