Kompas.com - 11/03/2015, 16:25 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
PERJALANAN menuju Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (7/3/2015), merupakan perjalanan bersejarah pertama yang tak pernah terlupakan. Kawasan 17 Pulau Riung adalah firdausnya  pulau-pulau yang berjejar di Pulau Flores. Satu-satunya di Pulau Flores berjejer pulau-pulau kecil. 17 Pulau yang luasnya 9.900 hektar yang terdiri dari laut dan darat termasuk dalam kawasan konservasi dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Kupang.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Kupang mengurusi 28 kawasan konservasi di Provinsi NTT yang memiliki keunikan dan keunggulan serta ada binatang langka yang hidup di kawasan tersebut.

Perjalanan Kompas Travel mulai Jumat (6/3/2015) dari Kabupaten Manggarai Timur berawal dari informasi telur komodo menetas di dalam kawasan konservasi Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung, tepatnya di Pulau Ontoloe.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Pantai pasir putih di Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.
Mendengar informasi itu, maka Kompas Travel menghubungi Kepala Bidang Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam wilayah II Ruteng, Yohanes Ora untuk memastikan informasi menetasnya telur komodo di kawasan tersebut. Selanjutnya menghubungi Kepala Seksi Wilayah III Flores Barat, Yohanes Berchmans Fua di kantornya di Kota Bajawa, ibu kota Kabupaten Ngada.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.