Pemkot Bogor Kembangkan Sektor Pariwisata

Kompas.com - 11/03/2015, 19:14 WIB
Suasana Bogor StreetFest CGM 2015 di Jalan Surya Kencana, Bogor, Kamis (5/3/2015). Pesta budaya ini bertepatan dengan perayaan Cap Go Meh, yang melambangkan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek. KOMPAS.COM / KRISTIANTO PURNOMOSuasana Bogor StreetFest CGM 2015 di Jalan Surya Kencana, Bogor, Kamis (5/3/2015). Pesta budaya ini bertepatan dengan perayaan Cap Go Meh, yang melambangkan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek.
EditorI Made Asdhiana

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat berencana mengembangkan sektor pariwisata dengan produk ekonomi kreatifnya sehingga menjadi salah satu daerah tujuan wisata. "Selama kita mau bekerja keras mewujudkannya, peluang menjadikan Kota Bogor sebagai salah satu tujuan wisata dapat diwujudkan," kata Wali Kota Bogor Bima Arya, di Bogor, Selasa (10/3/2015).

Bima mengatakan perlu dilakukan pembangunan dan pengembangan obyek wisata yang nantinya diharapkan dapat menjadikan Kota Bogor salah satu tujuan wisata penyangga ibu kota.

Dijelaskannya sektor pariwisata merupakan produk ekonomi kreatif yang dapat menjadi tulang punggung pembangunan pemerintah, di mana masyarakat dapat tumbuh dan berkembang melalui dunia usaha kecil dan menengah.

"Untuk mendukung misi itu Kota Bogor akan dijadikan sebagai kota jasa, industri pariwisata berbasis ekonomi kreatif," katanya.

Menurut Bima, sebagai kota jasa dan perdagangan salah satu sektor yang potensial dan perlu dikembangkan adalah sektor pariwisata. Namun, berbeda dengan daerah-daerah lainnya Kota Bogor tidak memiliki obyek pariwisata yang terjadi dengan sendirinya.

KOMPAS/PRIYOMBODO Suasana santap siang di Grand Garden Cafe & Resto di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/9/2014).

Oleh karena itu, lanjut Bima, perlu diciptakan terlebih dahulu destinasi wisata tersebut dengan pembangunan dan pengembangan obyek wisata yang ada. "Kita sudah siapkan upaya-upaya tersebut, dengan membangun saung kreatif di setiap kelurahan, serta lokasi-lokasi kuliner khas Bogor," katanya.

Bima menambahkan, sektor pariwisata di Kota Bogor merupakan sektor strategis karena menjadi penyumbang sumber Pendapatan Asli Daerah terbesar dari pajak hotel dan restoran. Sektor tersebut perlu didorong karena dapat menjadi alat efektif untuk memperbaiki perekonomian masyarakat.

"Kota Bogor perlu berbenah diri. Kita membutuhkan semua komponen yang ada untuk menjadikan kota ini salah satu tujuan wisata yang berkarakter dan bernuasa Sunda," kata Bima.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X