Keliling Ho Chi Minh dengan Vespa? Asyik...

Kompas.com - 12/03/2015, 09:28 WIB
Lalu lintas Kota Ho Chi Minh CNNLalu lintas Kota Ho Chi Minh
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com – Menyusuri kota yang dulu bernama Saigon ini harus tetap waspada dengan keadaan jalan yang ramai. Ada dua cara yang dapat dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke Ho Chi Minh. Salah satunya adalah berjalan pelan ketika memasuki kumpulan motor yang membunyikan klakson atau dengan tenang terus melangkah dengan pasti.

Seperti penduduk setempat, para pengendara motor merupakan bagian dari arus lalu lintas. Jika ingin menyeberang jalan, perasaan cemas datang dan jari-jari kaki melengkung kaku. Sementara lampu lalu lintas yang ditunggu-tunggu tak menyala.

Steve Muller memberikan tips, jika tidak dapat menyeberang, maka bergabunglah dengan mereka. Ia melakukan apa yang dilakukan di Carolina Selatan. Saat ini ia mengelola perusahaan yang bernama Vietnam Adventures Vespa.

Operator wisata itu menyediakan pengalaman sensasi berkendara dengan vespa antik keluaran Italia berkeliling Kota Ho Chi Minh keluar di Delta Mekong, dan tujuan lainnya.

Berkeliling Kota Ho Chi Minh

Untuk dapat merasakan suasana tempat liburan, coba datang ke pusat kota. “Menjadi pengendara motor di Ho Chi Minh adalah cara terbaik untuk menjadi bagian dari kota,” kata Muller dikutip dari website CNN Travel.

CNN Vespa super berwarna kuning milik Vietnam Vespa Adventures

Ia mengatakan pengalaman berkendara di Ho Chi Minh benar-benar otentik karena dapat langsung berdampingan dengan masyarakat. Wisatawan dapat berwisata sehari dengan mengunjungi tempat-tempat terkenal di Ho Chi Minh seperti Opera House dan kantor pos pusat yang didesain oleh Gustav Eiffel. Selain itu, wisatawan dapat berhenti di restoran lokal untuk mencicipi kuliner khas Vietnam.

Tempat yang jangan dilewatkan untuk berhenti adalah Taman Tao Dan. Di taman tersebut terdapat burung peliharan penduduk Ho Chi Minh yang berada di sangkar.

Pemandu lokal

Anda tidak akan berkendara seorang diri saat berkeliling kota. Wisatawan akan dibonceng oleh penduduk yang telah mengetahui seluk beluk kota. Pemandu lokal akan berkendara bersama dan akan menjelaskan apa yang dilewati, rasa dan suara yang ada di motor dua langkah ini.

Dalam mendirikan operator wisata ini, Mueller terkadang harus berpikir keras. Setelah berkeliling Asia Tenggara pada tahu 1997, ia menetap di Vietnam untuk beberapa tahun. Sampai ia menemukan keasyikan bermain vespa Italia. Ia membeli vespa ketika baru berada tiga hari di Vietnam dan mengintip celah untuk masuk bergabung dengan para penggemar vespa internasional dengan keadaan asli. Ia lalu mendirikan bisnis restorasi dan ekspor Vespa.

CNN Wisatawan akan ditemani pemandu lokal ketika berkeliling kota.

Menurut Mueller, bisnisnya dimulai dengan penampilan Vietnam di acara televisi Top Gear. Acara tersebut menampilkan pemandangan pedesaan yang indah dan jalan yang kurang dimanfaatkan. Operator Vespa Tour tetap menawarkan perjalanan jarak jauh mulai dari Dataran Tinggi Vietnam dan Kota Pesisir Nha Trang selama lebih dari tujuh hari.

Vespa yang dimiliki oleh Mueller sebagian besar adalah tahun-tahun keemasan sekitar akhir tahun 60-an dan 70-an. Skuter ini diperbaharui dengan suku cadang dari Piaggio yang terlisensi teknisi di India.

Berdasarkan reputasi dari operator vespa tersebut, sekitar 100 lebih skuter klasik yang dimiliki Vespa Adventures secara rutin diperbaiki oleh tangan-tangan mekanik yang andal. Mueller yakin kendaraan beroda dua akan lebih memesona dibanding dua kaki manusia.



Sumber CNN Travel
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X