Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Keindahan Yang Menanti Sebelum Mencapai Puncak Mahameru

Kompas.com - 13/03/2015, 19:12 WIB
advertorial

Penulis

Inget nggak adegan Raline Syah ketika ditembak sama Fedi Nuril di salah satu scene film 5 Cm yang fenomenal itu? Momennya pas banget dengan bentangan hijau di sekitar Ranu Kumbolo serta sunset yang sinarnya mulai perlahan meredup. It’s so amazing! Kamu juga bisa kok kayak gitu. Yuk, bikin planning berkunjung ke danau paling tinggi di Jawa yang #Natural1st banget ini!

Terletak di ketinggian sekitar 2400 mdpl, Ranu Kumbolo bak oase dengan air melimpah yang nggak bakal ada habisnya. Biasanya di titik ini para pendaki mendirikan tenda-tenda untuk kemudian melanjutkan perjalanan menantang ke puncak Mahameru dengan view pegunungan hijau di atas samudera awan yang bergelombang itu.

Apa yang kamu lihat di film-film emang benar adanya dan bukan efek visual. Ranu Kumbolo serius menyajikan pemandangan hijau super eksotis yang nggak bakal pernah ada di tempat lain. Paling magis adalah momen ketika matahari terbit dan sinarnya memantul di permukaan danau yang jernih itu. Romantis banget dan bakal bikin kamu bersyukur bisa melihat itu semua. Percaya deh!

Terlalu berlebihan? Berani taruhan deh kamu bakal nangis ketika melihat keindahannya. Udah nggak sabar pengen menikmati anugerah tuhan yang super keren ini? Yuk, cari tahu rutenya!

Prepare your feet karena bakal ada perjalanan panjang berjam-jam untuk mencapai tempat ini. Setelah semua kendaraan terparkir rapi di desa Ranu Pani, maka kamu harus melanjutkan perjalanan selama 5-7 jam melewati hutan dan empat pos penjagaan. Letih dan capek bakal terbayar luas plus bonus ketika kamu sampai di Ranu Kumbolo.

Yang pasti, selalu ingat untuk menaati aturan yang udah dibuat biar pemandangan hijau di sekitar Ranu Kumbolo yang #100PersenMental Alam banget ini bisa terjaga dan bisa terus dinikmati. Keren, kan? Cepat packing deh! (Adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com