Bank Indonesia Angkat Pamor Tenun Ikat Bali

Kompas.com - 13/03/2015, 19:37 WIB
Aneka tenun khas Pulau Nusa Penida, Bali. KOMPAS.COM/SRI LESTARIAneka tenun khas Pulau Nusa Penida, Bali.
|
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Dalam rangka menggali potensi dan melestarikan budaya adat istiadat daerah Bali khususnya Tenun Bali untuk menjadi suatu ciri khas daerah yang tidak pernah luntur dan hilang ditelan zaman, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali berinisiatif untuk mengadakan Eksebisi dan Lomba Desain Tenun Bali.

“Eksebisi dan lomba desain tenun Bali untuk menggali potensi dan melestarikan budaya, adat istiadat agar tidak hilang ditelan zaman,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali, Dewi Setyowati, di Denpasar, Jumat (13/3/2015).

Menurut Dewi, penyelenggaraan lomba ini memiliki tujuan menghadirkan kembali tenun klasik dan tradisional Bali dengan corak yang lebih sesuai dengan perkembangan selera masyarakat modern dan tidak meninggalkan kaedah dan tatanan tenun sesuai kearifan lokal Bali.

“Dalam acara nantinya akan menghadirkan tenun klasik dan tradisional Bali. Tapi tetap mengikuti selera modern yang disukai masyarakat, tetap menonjolkan kearifan lokal,” katanya.

Melalui eksebisi dan lomba desain tenun, Bank Indonesia ingin mengangkat pamor kain tenun ikat khas Bali di mata dunia. Diharapkan eksistensi dan inovasi desain tenun yang dihasilkan dapat membuat kain tenun semakin dikenal dan nantinya dapat meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan perajin lokal. Untuk penyelenggaraannya masih akan dijadwalkan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X