Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar: Potensi Pariwisata Kepri Melebihi Bali

Kompas.com - 13/03/2015, 20:15 WIB
BATAM, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menilai dalam beberapa sisi, potensi pariwisata di Kepulauan Riau (Kepri) lebih unggul dibanding Bali yang memiliki karakteristik relatif sama yaitu wisata pantai dan bahari.

Dalam kunjungannya ke Batam, Kepri, Jumat (13/3/2015), Menteri Pariwisata mengatakan Kepri memiliki keindahan alam setara dengan Bali, apalagi Kepri memiliki banyak pulau yang masih murni. (Baca: Wisata Pelayaran Cheng Ho untuk Menarik Turis Tiongkok)

Menurut Arief, keunggulan utama Kepri dibanding Bali adalah letaknya yang strategis berdekatan dengan Singapura dan Malaysia.

Seharusnya keunggulan itu dimanfaatkan untuk menjaring wisatawan mancanegara asal Malaysia dan Singapura, berikut turis yang berkunjung ke keduanya. "Potensi turis mancanegara besar, karena lokasinya dekat," kata Arief. (Baca: Menpar: Batam dan Bintan Sempurna sebagai Destinasi Wisata)

Apalagi, lanjut Menpar, warga negara Singapura dan Malaysia memiliki penghasilan tinggi, sehingga berwisata menjadi kebutuhan utama. Selain itu, Singapura dan Malaysia merupakan negara yang menyerap banyak turis asing tiap tahun. "Itu adalah peluang yang seharusnya bisa ditangkap dunia pariwisata Kepri," katanya.

Setiap turis asing yang berlibur ke Singapura semestinya bisa diajak untuk melanjutkan perjalanan ke Batam, Bintan dan kabupaten kota lain di Kepri. "Pasar Singapura besar, di situ ada 40 juta turis negara lain ke sana," katanya.

KOMPAS.COM / RODERICK ADRIAN MOZES Warga berfoto dengan latar belakang pemandangan Jembatan Barelang di Batam, Kepulauan Riau, Minggu (8/2/2015). Jembatan ini merupakan satu dari enam jembatan yang dibangun untuk menghubungkan enam pulau di Batam, yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.
Sementara itu, kelemahan wisata Kepri adalah masih minimnya infrastruktur pelabuhan dan bandara yang menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara.

Mengenai hal itu, Menpar mengatakan telah sepakat dengan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan untuk membangun lebih banyak pelabuhan dan bandara. "Makanya bandara menjadi kebutuhan. Menteri Perhubungan setuju, negara ini terlalu luas. Turis malas jika harus mendatangi destinasi harus banyak transit," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti menyatakan pihaknya terus bebenah untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan mancanegara. Kepri menjadi penyumbang angka kunjungan wisatawan mancanegara terbesar ke tiga ke Indonesia setelah Bali dan Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com